Ini Calon Gubernur Muslim Pertama dan Termuda di Amerika Serikat

gomuslim.co.id- Seorang pria kelahiran 31 Oktober 1984 bernama Abdul El-Sayed didaulat menjadi calon gubernur Muslim pertama dan termuda di Amerika Serikat.  Kepala dinas kesehatan termuda Kota Detroit tersebut mencalonkan diri sebagai Gubernur Michigan.

Selain menjadi calon gubernur Muslim pertama, Sayed yang baru berusia 32 tahun juga akan menjadi gubernur termuda setelah Bill Clinton yang menjabat sebagai Gubernur Arkansas pada 1978, seperti yang dilansir oleh publikasi Mic, Jumat (03/03/2017).

Namun, warga AS keturunan Mesir ini menegaskan bahwa ia tidak mencalonkan diri dikhususkan untuk menjadi gubernur Muslim pertama di AS. “Saya mencalonkan diri karena yakin akan mampu memimpin Michigan, baik saya Muslim atau tidak,” pugkas Sayed.

Selain itu sebagai kepala dinas kesehatan Detroit, Sayed membuktikan dirinya berhasil mengatasi banyak masalah terkait kesehatan publik, termasuk membantu menguji kadar zat timbal dalam pasokan air Flint, kota tetangga Detroit. 

Alumnus Kedokteran Universitas Michigan ini juga pernah mengalami tantangan besar ketika ia dihadapkan pada kejahatan kebencian terhadap Muslim atau Islamphobia. Di Dearborn, wilayah kota di Detroit yang dihuni banyak keturunan warga Arab, menjadi sasaran kelompok anti-Muslim.

Namun Sayed yang meraih gelar doktor kesehatan publik dari Oxford University bergeming. Dia akan membuktikan kepada warga Michigan bahwa fokusnya kepada masyarakat merupakan janji yang akan dibuktikan bila menjabat sebagai gubernur.

“Nilai-nilai Islam mengajarkan kepada saya bahwa kesamaan hak, hak asasi manusia, menyantuni orang terpinggirkan dan menghormati sesama. Inilah yang meyakinkan saya untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin Michigan,” tegasnya.

Selain itu, Sayed juga merupakan seorang dokter, ahli epidemiologi , advokat kesehatan masyarakat, dan politisi. Ia menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Kesehatan Detroit dan Petugas Kesehatan untuk Kota Detroit 2015 sampai 2017. 

Ditunjuk pada usia 30 tahun, dia adalah komisaris kesehatan termuda di Kota besar di Amerika Serikat. Sebelumnya, dia adalah Asisten Profesor di Departemen Epidemiologi di Universitas Columbia. Dia adalah seorang ahli kesehatan masyarakat yang diakui secara internasional, dan penulis lebih dari 100 artikel ilmiah, abstrak, dan bab buku tentang kebijakan kesehatan masyarakat, epidemiologi sosial, dan kesenjangan kesehatan. esai-Nya kebijakan kesehatan masyarakat juga telah diterbitkan dalam New York Times, CNN, the Hill, Huffington Post, Detroit News, dan Detroit Kebebasan media. 

Lalu pada tahun 2014, ia bergabung dengan fakultas di Columbia Mailman School of Public Health sebagai Asisten Profesor di Departemen Epidemiologi. Dia menjabat sebagai direktur Sistem Program Ilmu Columbia dan global Analytics Penelitian Kesehatan Penduduk. 

Sebagai peneliti, ia telah menulis lebih dari 100 publikasi ilmiah, termasuk artikel, komentar, bab buku, dan abstrak, tentang kesenjangan kesehatan, hasil kelahiran, dan obesitas. Penelitiannya telah dikutip lebih dari 700 kali. Sayed adalah penerima beberapa penghargaan penelitian, termasuk yang bernama salah satu Carnegie Dewan Kebijakan Inovator. (nat/dbs)


Back to Top