Begini Keseruan Nonton Bareng Premier Film 'Mengejar Halal'

gomuslim.co.id- Seru, kocak, ada sedihnya, tidak kaku, tapi yang jelas menginspirasi. Itulah kesan-kesan para penonton saat keluar dari bioskop dalam Gala Premiere Film Mengejar Halal yang digelar di Hollywood XXI, Jalan Gatot Subroto Kav. 19, Semanggi, Jakarta (05/03/2017). Film yang mulai tayang sejak pukul 9 pagi ini didominasi penonton dari kalangan muda-mudi dari berbagai wilayah Jabodetabek.

Film positif garapan Film Maker Muslim yang berkolaborasi dengan Muara Studio, DAQU Movie dan gomuslim ini mampu menghibur para pecinta film yang memadati lima studio sekaligus. Para crew dan talent disebar ke setiap studio berbeda untuk bertemu dan menyambut penonton yang telah setia menanti penayangan film ini.

 

Di ruang studio 3 misalnya, ada crew Andre M. Addin, Hidayatur Rahmi, Andry Surya, dan Sartika Adji. Sebagai Production Manager sekaligus Talent di Film Mengejar Halal, Andre mengaku senang dan menyambut positif terhadap animo penonton yang hadir dalam tayangan perdana film layar lebarnya.  

“Alhamdulillah Positif ya. Selama saya tadi nonton, saya juga lihat penonton terhibur. Kayaknya  gak ada yang keliatan bosen selama nonton. Jadi kita sebagai pembuatnya juga merasa seneng gitu. Semoga mereka juga bisa dapat membawa satu hal yang bermanfaat, ilmu baru dan cerita pada orang-orang terdekat setelah nonton film ini,” ujarnya.

Aktor di film pendek Cinta Subuh ini mengatakan ada kesulitan sendiri dalam pembuatan filmnya. Proses syuting dalam film pendek cukup dengan 10 orang saja, tapi dalam film ini butuh setidaknya 20 orang untuk setiap kali syutingnya. Ditambah lagi banyak orang-orang baru yang terlibat.  

“Ya biasanya kan kalo bikin film sama orang-orang dekat aja kerjasamanya. Tapi ini dengan orang luar juga. Meski begitu, Alhamdulillah orang-orangnya kooperatif dan syutingnya juga berjalan lancar.  Ya walaupun ada juga syuting yang mulai dari pagi sampe pagi lagi. Tetap fun, seneng, dan enjoy ngerjainnya,” tambahnya.

Hal senada juga dikatakan crew lainnya, Hidayatur Rahmi. Menurutnya, jumlah SDM yang cukup terbatas tidak lantas membuat tim pasrah begitu saja terhadap kesulitan yang ada. Setiap crew bisa mendapatkan peran ganda untuk menutupi kekurangan. “Itu sudah sangat membantu. Meski terbatas gitu tapi kita tetap bisa sampai filmnya jadi,” ungkapnya.

Rahmi menambahkan Film Mengejar Halal adalah salah satu hasil dari kreativitas pemuda muslim, baik dari ceritanya maupun penggarapannya. Di sini, lanjut dia, pemuda muslim membuktikan bahwa muslim itu tidak kaku, bisa juga fun, tapi ada nilai-nilai kebaikan yang disampaikan

“Film ini bisa ditonton oleh siapa pun. Baik dari kalangan anak muda, orang tua, bahkan semua umur. Karena film ini gak berat-berat banget. Siapa pun bisa mengerti film ini. Bagi non muslim sekalipun mungkin bisa nonton film ini. hal terpenting karena didalamnya ada nilai-nilai kebaikan yang bisa diambil,” imbuhnya.

Salah satu penonton, Rais (20) asal Lebak Bulus mengaku senang dengan adanya film ini. Apalagi film ini baginya ada momen bagus setelah dirinya memutuskan untuk berhenti pacaran. “Kebetulan saya juga baru hijrah, baru putus, jadi pengen nyari yang halal-halal sesuai syariat Islam gitu. Eh terus muncul ini film. Saya liat kan pemainnya, terus didukung pula sama ustadz Yusuf Mansur. Jadi semangat pula nontonnya,” ucapnya.

Komentar lainnya datang dari Oscar (27) yang datang bersama calon isterinya yang sebulan lagi akan menikah. Dalam penilaiannya, film ini sangat mengedukasi khususnya bagi kalangan anak muda yang masih galau tentang penantian jodohnya. Dari film ini, kata dia, bisa membantu supaya lebih dewasa dalam mengambil sikap.

“Filmnya keren, ngajarin banget, edukatif, soalnya kan banyak banget orang pengen nikah buru-buru, yang penting nikah deh padahal karena liat temennya nikah kita ketinggalan. Itu kan gak baik. Ini edukasi banget buat kita supaya lebih dewasa aja pastinya. Jangan buru-buru, yang penting perbaiki diri, kalau udah jodoh mah gak kemana,” ujarnya.

Selain itu, Didi (22) dan Annisa (21) juga merasa terinspirasi setelah menonton film Mengejar Halal. Bagi mereka, ini menjadi pelajaran untuk anak muda supaya tidak gegabah sebelum memutuskan menikah. “Saya harap karyanya dari fmm terus ada, tambah lagi gitu. Terus nanti di banyak bioskop juga, biar bias nonton dimana saja,” kata Didi

Begitu pun halnya dengan komentar dari Puri (19), Salsabila (19) dan Nabila (19). Mahasiswa Gunadarma yang menyempatkan hadir menonton film ini. Mereka berharap garapan film selanjutnya lebih bagus lagi. “Keren pokoknya,” kata mereka. 

Adapun, Film Mengejar Halal ini akan resmi tayang di bioskop tanah air pada April 2017 mendatang. Film ini akan tayang di bioskop XXI di beberapa kota, di antaranya Jakarta, Bandung, Semarang, dan kota-kota lainnya. (njs)

Baca juga:

‘Mengejar Halal’: Karya Terbaru Filmmaker Muslim Ini Segera Warnai Layar Lebar Tanah Air pada 2017


Back to Top