Inilah Kota di Turki yang Jadi Tempat Kelahiran Islam Saat Kesultanan Ottoman

gomuslim.co.id- Sebuah pemandangan hutan rindang berhawa sejuk dengan dominasi pemandangan hutan rindang berhawa sejuk menjadi pemandangan di Uludag University yang merupakan salah satu kampus negeri unggulan di Turki. Lokasinya terletak di Kota Bursa.

Menurut Prof Eray Alper, salah satu wakil rektor Uluag University, sampai saat ini ada 44 orang Indonesia yang sedang menempuh studi di Uludag University. Empat WNI di antaranya sedang meraih gelar doctor of philosophy (PhD) di sana.

“Sebagai wakil rektor, saya berharap jumlah ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Kampus kami merupakan salah satu yang terunggul di Turki, dengan para pengajar yang terkemuka di bidangnya,” tutur Alper.

Bursa berlokasi di selatan Istanbul. Posisi geografisnya diapit pantai Laut Marmara di utara dan pegunungan Uludag di selatan.

Selain itu Bursa juga memiliki nilai historis yang tinggi bagi peradaban Islam. Pada 2014 lalu, UNESCO mendeklarasikan Bursa sebagai tempat lahirnya kebudayaan Kesultanan Ottoman.” Dengan kata lain, Bursa termasuk daftar warisan sejarah dunia versi PBB.

Karena itu, Uludag University tampak kian istimewa. Kampus ini memiliki antara lain 14 fakultas, dua sekolah tinggi, 15 sekolah vokasi, dan empat institut.

Adapun fakultasnya meliputi Teologi Islam, Ilmu Kedokteran, Ekonomi dan Ilmu Administrasi, Teknik, Kedokteran Hewan, Pertanian, Ilmu Pendidikan, Seni dan Sains, Hukum, Seni Rupa, Arsitektur, Ilmu Olahraga, dan Administrasi Bisnis.

 

Sedangkan Fakultas Teologi Islam di Uludag University merupakan yang terbaik seantero Turki. Khususnya dalam bidang Tasawuf, Kalam, Fiqih, dan Sejarah Agama. Fakultas ini berdiri bersamaan dengan lahirnya Uludag University tahun 1975.

Dengan keberadaan Bursa sebagai kota lahirnya Kesultanan Ottoman tentunya merupakan nilai tambah bagi Uludag University. Demikian pula terkait Turki sebagai jembatan antara Asia dan Eropa. 

Ada tiga departemen di Fakultas Teologi Islam Uludag University, yakni Ilmu Islam, Kajian Agama-agama dan Filsafat, serta Sejarah dan Kesenian Islam. Beberapa program studinya, antara lain, Tafsir, Hadis, Fiqih, Kalam, Tasawuf, Sastra Arab, Filsafat Islam, Sosiologi Agama, Sejarah Islam, dan Sejarah Turki Islam.

Bursa merupakan kota yang terletak di Turki bagian barat dengan dikelilingi oleh Balikesir di sebelah barat, Izmit, Yalova dan Istanbul di bagian utara, Bilecik dan Adapazari dibagian timur serta Eskisehir dan Kutahya dibagian Selatan. Kota ini merupakan kota terbesar keempat di Turki setelah Istanbul, Ankara, Izmir. Luas Kota Bursa yaitu 11.034 m2. Kota ini juga pernah menjadi ibukota pertama Kesultanan Utsmaniyah pada tahun 1326 sampai 1365. (nat/dbs)


Back to Top