Dorong Pertumbuhan Ekspor, Pemerintah Malaysia Bantu UKM Tingkatkan Pemasaran Produk Halal

gomuslim.co.id- Pengembangan produk halal di beberapa Negara terus dilakukan. Salah satunya di Negara Malaysia. Hal ini dinilai penting mengingat mayoritas penduduknya beragama Islam. Baru-baru ini, Malaysia Technology Development Corporation (MTDC) membantu 30 usaha kecil dan menengah (UKM) terkait kemampuan teknologi melalui Halal Technology Development Fund.

Bantuan ini dilakukan sebagai langkah untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang halal. Untuk mewujudkan rencana tersebut, MTDC telah mengucurkan dana sebesar RM 100 juta. Dana tersebut bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekspor jangka panjang untuk pasar UKM.

Anggota dewan direksi MDTC, Tan Sri Rahman Mamat mengatakan bahwa perusahaan menyetujui pemberian dana karena memiliki potensi untuk memberikan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB). Selain itu, UKM juga akan mampu bersaing di tingkat global dengan peningkatan kemampuan di bidang teknologi.

Menurut dia, potensi pasar halal sangat besar tetapi bukan berarti tanpa hambatan, terutama dengan munculnya negara-negara asing yang mengincar pasar yang sama. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa produk lokal memenuhi standar halal dengan keadaan teknologi saat ini, terutama dalam industri makanan.

"Dengan dana ini, kami berharap untuk membantu lebih banyak UKM mengembangkan dan meningkatkan produktivitas mereka dengan layanan yang telah kami atur. Tidak hanya dalam hal pendanaan, tapi juga melalui konsultasi dan mengurangi tantangan pengusaha untuk membawa produk mereka ke pasar, dengan menyediakan platform," ujar Tan Sri Rahman Mamat seperti dilansir dari publikasi thesundaily, Selasa (07/03/2017).

Untuk diketahui, nilai ekspor Malaysia untuk produk halal bernilai RM 37,7 miliar dan menurut Malaysia Investment Development Authority (MIDA) pasar makanan halal global memiliki potensi 560 miliar dolar Amerika (RM 2,49 triliun) per tahun.

Menurut CEO MTDC, Datuk Norhalim Yunus, UKM akan  memperoleh dana hingga RM2 juta untuk bisnis domestik dan RM4 juta untuk ekspor. MTDC menargetkan, penjualan ekspor sebesar RM 50 juta untuk lima perusahaan yang memperoleh dana tersebut pada tahun ini. Lima perusahaan tersebut  yaitu Organic Gain Sdn Bhd, Vanity Cosmeceutical Sdn Bhd, DMS Resources Sdn Bhd, Hernan Corporation Sdn Bhd dan PS Food and Beverage Sdn Bhd.

Sebelumnya, analis ekonomi, Dr Bahyah Baba mengatakan bahwa pemerintah Malaysia harus memberikan perhatian terhadap produk-produk usaha kecil dan menengah (UKM) khususnya yang halal untuk membantu merangsang ekonomi Negara. Dia berpendapat, sudah saatnya produk-produk UKM tersebut diberi penekanan lebih.

"Malaysia ada banyak UKM. Kalau kita tengok, ada produk halal di negara ini yang berpotensi mendapat pasar di luar. Namun, apa yang dilihat hanyalah pengusaha ini bergerak secara sendirian. Pemerintah sudah dapat memainkan peran lebih besar membantu mereka,” katanya.

Dia menuturkan bahwa saat ini produk halal sudah banyak dicari oleh beberapa Negara luar karena kebutuhan yang terus meningkat. "Kita selalu pergi luar negara dan sulit menemukan barang halal. Negara luar pun mencari-cari. Dengan cara ini ekonomi negara dapat terbantu,” ungkapnya. (njs/thesundaily/dbs)

 


Back to Top