Permudah Belajar Alquran, PPPA Daarul Qur’an Akan Rilis Layanan One Qur’an

gomuslim.co.id- Program Pembibitan Penghafal Alquran (PPPA) Daarul Qur'an saat ini tengah melakukan uji coba layanan One Qur'an, sebagai salah satu pengembangan Qur'an Call New Edition.

Direktur Utama Program PPPA Daarul Qur'an, Muhammad Anwar Sani mengatakan melalui aplikasi ini, santri bisa secara langsung bertatap muka dengan guru lewat gadget yang dimilikinya. Sehingga, santri akan lebih muda memahami apa yang dijelaskan pengajar.

Anwar Sani sendiri mencoba untuk memperaktekkan tahsin langsung menggunakan smartphone pribadinya. ''Pembelajaran tahsin ini bertujuan memperbaiki, meningkatkan, dan memperkaya bacaan Alquran agar selalu benar dan sempurna. Baik dalam pengucapaan atau makraj huruf dan tajwid,'' papar Sani, Kamis (09/03/2017).

Dijelaskan pula oleh CEO One Qur’an, Ismal Zeva, One Qur'an merupakan platform pembelajaran Alquran secara tatap muka online, dua kali seminggu dengan kurikulum yang sudah disediakan.

''PPPA Daarul Qur’an berupaya mempertemukan siapapun yang ingin belajar Alquran dengan pengajar-pengajar Alquran terbaik se-Indonesia. Layanan ini juga bertujuan memfasilitasi para pengajar Alquran yang ada di seluruh pelosok nusantara,'' terangnya.

Ismal melanjutkan program yang dibesutnya sangat memudahkan bagi kaum Muslimin yang ingin belajar Alquran namun mengalami kesulitan mencari guru ngaji di lingkungannya.

“Mudah-mudahan, layanan ini bisa memudahkan mereka yang susah mencari guru Alquran, nggak sempat atau nggak punya waktu datang ke tempat belajar Alquran dan malu atau gengsi belajar. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak belajar Alquran,” harapnya.

Selain pembelajaran tahsin, sambung Ismal, One Qur’an juga punya program tahfizh untuk memfasilitasi santri-santri yang ingin menghafal Alquran, memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Kalamullah yang diturunkan kepada Rasulullah SAW. ''Prosesnya dengan mengulang bacaan Alquran, baik dengan membaca atau mendengar,'' ucap Ismal.

Untuk diketahui, One Qur'an adalah platform pembelajaran Alquran secara tatap muka oneline, pembelajarannya dilakukan dua kali seminggu dengan kurikulum yang sudah disediakan. One Qur'an mempertemukan siapapun yang ingin belajar Alquran dengan pengajar-pengajar Alquran terbaik se-Indonesia.

Ada tiga langkah yang harus dilakukan untuk menjadi calon santri; Pertama, melakukan pendaftaran dengan mengisikan data pribadi seperti elektronik mail dan nomor telepon. Kedua, rekaman ujian. Sistem akan merekam bacaan Alquran santri sebagai tolak ukur pemilihan level awal belajar. Ketiga, pilih jadwal belajar. Setelah hasil rekaman di review tim penguji, santri dapat memilih jadwal belajar. 

Selain itu, bagi yang ingin menjadi pengajar juga dilakukan menjadi tiga tahap, antara lain; Pertama, mendaftar sebagai pengajar dengan mengisi riwayat belajar dan mengajar Alquran serta mengisi beberapa berkas berdasarkan kartu tanda penduduk (KTP) dan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Kedua, rekaman ujian. Ada beberapa tahapan rangkaian ujian yang harus dilalui calon pengajar untuk dapat mengajar di One Qur'an. Ketiga, memilih jadwal mengajar setelah dinyatakan lulus, pengajar dapat mengisi jadwal mengajar di One Qur'an. (nat/dbs)

 

 


Back to Top