LPPOM MUI Gelar Pelatihan Sistem Jaminan Halal di Korea Selatan

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menggelar pelatihan Sistem Jaminan Halal (SJH) di Korea Selatan. Pelatihan tersebut digelar selama dua hari pada 6 sampai 7 Maret 2017 di Bankers Club, Seoul.

Pelatihan Sistem Jaminan Halal di Seoul ini dibuka oleh Wakil Direktur LPPOM MUI Muti Arintawati pada pukul 09.30 waktu setempat. Selanjutnya, disampaikan juga penjelasan mengenai urutan proses jalannya sertifikasi dimulai dari registrasi sampai mendapatkan sertifikat, materi mengenai Kriteria Sistem Jaminan Halal dan Cara Membuat Manual Sistem Jaminan Halal oleh Irma Rosiana Elizabeth, S.Si dan Ivon Widiahtuti, S.TP.

Selanjutnya, pada hari kedua training dimulai pukul 09.00 waktu setempat. Materi dilanjutkan dengan tuntunan dokumen-dokumen yang harus didaftarkan sebagai proses registrasi, kemudian terdapat materi yang menjelaskan kewajiban perusahaan yang harus dipenuhi saat sebelum audit, audit, dan setelah audit (proses sertifikasi). Selain itu, terdapat pengenalan LPPOM MUI Branch office di Korea, Ini Halal Korea (IHK, Inc).

Dalam publikasi resmi HalalMUI dijelaskan bahwa acara pelatihan ini berkaitan dengan penerapan SJH yang merupakan prasyarat untuk mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Dengan mengacu pada peraturan tersebut, perusahaan yang ingin mendapatkan atau memperpanjang sertifikat halal MUI harus memenuhi nilai minimum dari implementasi SJH.

Dalam penerapan SJH, Tim Manajemen Halal memegang peran yang penting dalam mendesain, mengimplementasi, menyusun dan menjaga sistem internal perusahaan. Tim Manajemen Halal bertanggung jawab dalam merencanakan, mengadakan, mengontrol, memonitor, dan mengevaluasi implementasi SJH agar berjalan dengan benar. (fau/halalmui)

 

 

 

 


Back to Top