Kampanye Peduli Pendidikan dan Lingkungan, Rumah Zakat Bogor Buka Perpustakaan Sampah

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, Rumah Zakat (RZ) ICD Pamoyanan, Bogor menggelar program Perpustakaan Sampah. Dalam Perpustakaan Sampah ini setiap warga diharuskan membawa sampah sebagai tiket untuk dapat membaca dan meminjam buku di perpustakaan tersebut.

Elan Zaelani, Relawan Inspirasi Rumah Zakat dalam publikasi resmi RZ mengatakan perpusatakaan ini tentu saja tujuan utamanya adalah untuk meninggkatkan semangat membaca dan literasi di wilayah Bogor, khususnya Desa Pamoyanan ini.

“Kemudian kami coba kolaborasikan untuk tujuan lain yaitu mengurangi jumlah sampah yang menjadi masalah masyarakat di Indonesia hingga saat ini,” ujarnya.  

Selain itu, Elan menambahkan sampah yang dikumpulkan nantinya menjadi tabungan masing-masing warga di Bank Sampah wilayah tersebut. Menurut dia, saat ini sudah ada sekitar 30 warga yang terdiri dari anak-anak dan ibu-ibu yang rutin mendatangi perpustakaan.

“Target saya adalah menyediakan tempat yang lebih layak untuk perpustakaan ini. Sebab saat ini tempat yang digunakan masih ruangan kecil yang seringkali tidak cukup untuk menampung warga yang berkunjung,” kata Elan.

Selain di Pamoyanan, baru-baru ini Rumah Zakat juga meluncurkan program Pojok Baca di Posyandu Krajan ICD Kedungrejoso Probolinggo. Pojok baca ini disediakan khusus bagi orang tua dan balita yang tengah melakukan program imuniasi di posyandu tersebut.

Sebelumnya, Rumah Zakat memang sedang gencar melakukan aksi sosial yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakt di desa-desa. Hal ini terlihat pada rebranding Rumah Zakat yang kini mempunyai tagline: Berbagi Energi Bahagia (Share Happy Energy).

Dilandasi dengan semangat untuk menjadi NGO terbaik dalam menyalurkan kebahagiaan antara para donatur dan juga penerima manfaat, Rumah Zakat melakukan rebranding. Tahun ini Rumah Zakat tidak hanya berkomitmen menjadi lembaga yang terpercaya, progresif, dan profesional, tapi juga dapat berkolaborasi dengan beragam pihak demi terciptanya pemberdayaan masyarakat Indonesia.

“Alhamdulillah saat ini Rumah Zakat menjadi salah satu LAZNAS yang paling dipercaya oleh masyarakat. Hal ini memicu kami untuk bekerja lebih semangat dalam mengelola ZIS dan dana kemanusiaan dengan lebih baik serta efektif dalam memberdayakan masyarakat,” tutur Chief Marketing Officer Rumah Zakat, Irvan Nugraha pada acara peluncuran program Share Happy Enegry Rumah Zakat di Meradelima Restaurant, Jakarta Selatan, Rabu (01/03/2017).

Sekadar informasi, Rumah Zakat (RZ) adalah lembaga filantropi yang digagas sejak tahun 1998. Lembaga ini mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan). (fau/rz/foto:irecycleid)


Back to Top