Penuhi Permintaan Pegawai dan Pasien. Rumah Sakit di London Sediakan Makanan Halal

gomuslim.co.id- Kebutuhan makanan halal kini semakin meningkat di beberapa kota di Benua Eropa. Salah satunya terjadi di Kota London, Inggris. Baru-baru ini, sebuah Rumah Sakit Umum Sandwell yang terletak di West Bromwich, London akan menyediakan dapur halal bagi staf dan pasien.

Penyediaan dapur halal tersebut dilakukan dalam rangka menjawab keluhan dari karyawan Rumah Sakit dan pasien bahwa mereka tidak bisa membeli makanan halal di rumah sakit. Menurut Chief Executive Rumah Sakit Sandwell, Toby Lewis, pertemuan dengan dewan untuk membahas persoalan ini telah dilakukan.

Ia mengatakan bahwa pihak rumah sakit telah menghubungi produsen makanan lokal untuk memasok makanan halal bagi karyawan dan pasien. Saat ini, kerja sama dengan pemasok makanan lokal masih terus dilakukan. Penetapan harga akan ditentukan dalam empat pekan ke depan. Kerja sama ini juga memastikan agar makanan yang disediakan tetap memperhatikan unsur kesehatan.

Juru bicara Heart of England NHS Foundation Trust yang merupakan salah satu organisasi terbesar yang mengurus rumah sakit di Inggris mengatakan, pihak rumah sakit telah memilih untuk menciptakan dapur terpisah bagi karyawan dan pasien yang menginginkan makanan  halal. “Dan ini cara terbaik untuk menyediakan berbagai pilihan makanan halal sehat untuk pasien dan staf yang menginginkannya,” ujar perwakilan Trust seperti dilansir dari publikasi birminghammail.

Islam pertama kali masuk ke Inggris pada abad ke-18. Pada tahun 2011 terdapat 2,7 juta Muslim yang tinggal di Inggris dan Wales, naik hampir satu juta dari sensus sebelumnya. 5,0% dari populasi merupakan dewasa dan 9,1% merupakan anak di bawah usia lima tahun.

Sebagian besar Muslim bermukim di Bradford, Luton, Blackburn, Birmingham, London, dan Dewsbury. Selain itu, populasi Muslim juga dapat ditemui di High Wycombe, Slough, Leicester, Derby, Manchester, Liverpool dan kota-kota pabrik dari Northern England.

Sebelumnya, sebuah organisasi di Inggris, Agriculture and Horticulture Development Board (AHDB) Beef & Lamb saat mengadakan seminar tentang potensi pengembangan standar jaminan halal unturk produk daging domba. AHDB saat ini sedang mempertimbangkan memperkenalkan standar jaminan halal untuk pengolahan daging domba baik dengan teknik pemotongan modern maupun tradisional.

Lebih dari 80 delegasi menghadiri seminar ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang kesempatan yang ditawarkan pasar pada bidang industri daging halal. Pada seminar itu, Kepala AHDB Beef & Lamb, Dr Phil Hadley menguraikan tentang standar jaminan halal yang diusulkan organisasi dan meminta peserta untuk mengirimkan pandangan mereka terkait usulan organisasi.

"AHDB sedang mempertimbangkan memperkenalkan standar jaminan Halal untuk daging domba. Ini sebenarnya  sudah diusulkan pada tahun 2013, namun saat itu sektor halal belum terlalu menarik. Karena itu ini adalah  waktu yang tepat untuk meninjau kembali diskusi ini dan mendengarkan pandangan industri,” ujar Phil Hadley seperti dilansir Farminguk (6/3).

Sementara itu, Manager sektor retail  AHDB Beef & Lamb, Mike Richardson mengatakan industri pasar halal domestik di UK mengalami peningkatan. Terdapat peluang  besar untuk perdagangan yang lebih meningkatkan penjualan dengan menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen muslim modern.

Menurutnya, organisasi terus melakukan riset konsumen untuk mengetahui sikap dan pengambilan keputusan di antara para pelanggan Muslim saat membeli daging. "Ini akan membantu kita untuk menentukan fokus pada aktivitas masa depan dalam mendukung sektor ini, menggarisbawahi komitmen kami untuk mengembangkan produk halal dan memaksimalkan peluang untuk seluruh rantai pasokan,” katanya. (njs/dbs)


Back to Top