Tiga Pemain Liga Santri Ikut Seleksi Nasional U-19, Ini Komentar Pelatih Indra Sjafri

gomuslim.co.id- Santri tidak hanya bisa mengaji, tapi juga berprestasi dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah di bidang olahraga Sepak Bola. Baru-baru ini, tiga pemain jebolan Liga Santri Nusantara (LSN) mengikuti seleksi tim nasional di bawah usia 19 tahun (Timnas U-19) gelombang kedua nasional di Stadion Bea Cukai, Jakarta Timur, 11 sampai 12 Maret 2017.

Ketiga pemain tersebut yaitu M. Rafly (top scorer LSN 2016), Tri Widodo (pemain terbaik LSN 2016), serta Richard Rahmad (pemain terbaik LSN 2015). Mereka akan bersaing dengan para pemain lainnya yang juga ikut diseleksi yang berasal dari berbagai macam kota.

Menurut Pelatih timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri menyebut Liga Santri Nusantara (LSN) menjadi salah satu ajang yang berguna untuk melahirkan pemain-pemain yang berkualitas. "Ada tiga pemain Liga Santri Nusantara yang juga ikut dalam seleksi. Ini menunjukkan Liga Santri Bermanfaat dalam mempersiapkan Pemain nasional," ujarnya.‎

Mantan arsitek Bali United FC tersebut menuturkan kalau ada beberapa pemain yang menonjol selama seleksi berlangsung. Akan tetapi, Indra enggan menyebutkan siapa pemain yang dimaksudkannya itu. "Nanti mereka akan dipilih bersama tim dan diumumkan oleh PSSI. Tapi kita lihat nanti peluangnya karena seleksi belum selesai," katanya.

Seleksi yang berlangsung selama dua hari diikuti 50 pemain dari beberapa provinsi. Tak hanya pemain asal Jakarta yang mengikuti seleksi. Datang pula pemain piihan yang sebelumnya lolos praseleksi di Bandung, Palembang, dan beberapa kota besar lainnya.

Indra berharap, ketiga pemain jebolan LSN ini bisa terus tampil dengan performa terbaik, sehingga lolos seleksi dan dapat bergabung dengan Timnas U-19, untuk memperkuat Timnas U-19 di ajang Piala AFF Myanmar nanti.

Seleksi diawali tes kebugaran pemain, kemarin pagi, yang ditangani oleh tim dari Universitas Negeri Jakarta. Disusul sesi game internal yang dilakukan secara bergantian pada sore harinya. Minggu (12/03) pagi, seleksi dilanjutkan dengan sesi game lanjutan di mana bayangan tim pilihan mulai terlihat.

Esok pagi, rencananya Indra dan stafnya akan melanjutkan 'blusukan' ke Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk memantau seleksi di sana, 13-14 Maret 2017.‎ Selain di Jakarta, timnas Indonesia U-19 juga melangsungkan seleksi pemain gelombang kedua di tiga kota lainnya yakni Pekanbaru, Jawa Timur, dan Makassar. Nantinya, Indra akan mengambil 35 pemain untuk menjalani pemusatan latihan (TC) yang rencananya digelar 15 Maret 2017.

Sebelumnya, pihak pengelola LSN 2016 telah menyetorkan 24 dari 70 pemain pilihan yang dianggap terbaik ke Timnas U19 untuk dijadikan pertimbangan bagi Indra Sjafri selaku pelatih. Manajer Kompetisi LSN, Mohamad Kusnaeni alias Bung Kus mengatakan usulan tersebut untuk membantu pelatih dalam memilih alternatif tambahan pemain.

Untuk diketahui, LSN merupakan turnamen sepakbola U-18 yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan menggandeng asoasiasi pesantren yang ada di Tanah Air. Di mana pesertanya adalah para santri dari berbagai pesantren di seluruh Indonesia. (njs/dbs)

 


Back to Top