Museum Sharjah Akan Gelar Pameran Foto Tentang Kehidupan Muslim di Negeri Tirai Bambu

gomuslim.co.id- Tidak banyak yang tahu tentang bagaimana kehidupan muslim di China. Padahal komunitas muslim di Negeri Tirai Bambu ini terbilang sangat kuat. Islam pun menjadi salah satu agama yang cukup populer di Negara dengan penduduk terbesar di dunia itu.

Dalam rangka memotret kehidupan masyarakat Muslim di seluruh China, Sharjah Museum of Islamic Civilisation akan menampilkan pameran foto Muslim di Cina pada bulan ini. Pameran akan mengangkat tema Moment in the Lives of Muslims in Cina, Through the Lens of Peter Sanders. Peter Sanders sendiri dianggap sebagai fotografer unggulan dari dunia Muslim.

Sekitar 50 koleksi foto berskala besar itu akan menjadi pameran seni umat Islam Cina pertama yang diadakan di dunia Arab. Rencananya, pameran foto akan dimulai pada 16 Maret nanti. Dirjen Departemen Museum Sharjah, Manal Ataya, mengaku terhormat menjadi tuan rumah pameran tersebut. Ia merasa, pameran akan memberi wawasan unik yang tidak banyak diketahui ke kehidupan sehari-hari.

"Pameran ini kesempatan bagus masyarakat kami untuk mengeksplorasi pekerjaan luar biasa dan peran mencoloknya bagi subkultur daerah unik di dunia Muslim," kata Ataya seperti dilansir dari publikasi Gulf Today.

Rencananya, Peter Sanders akan menghadiri pembukaan pameran, yang akan berlangsung sampai 11 Juni tersebut. Tahun lalu, sebuah pameran foto tentang muslim China pun digelar di Islamabad, Pakistan. Duet ayah dan anak Muslim Cina, Bai Xueyi dan Bai Tao mengenalkan keberadaan Muslim di Negeri Tirai Bambu. Keduanya melakukan perjalanan cukup panjang untuk menampilkan foto-foto.

Bertajuk Chinese Muslims on the Silk Road, 70 foto dipameran 65 tahun hubungan diplomatik Cina dan Pakistan. Anggota Muslim Hui ini selama dua dekade telah menyusuri sepanjang Ancient Silk Road.

Dalam perjalanan tersebut, keduanya mendokumentasikan perihal budaya, paraktik, dan mata pencaharian Muslim Cina. Kehidupan sehari-hari dipotret dengan apik untuk menunjukan eksistnesi kebereradaan Muslim di tempat minoritas.

"Ketika saya sedang bekerja di luar negeri, orang-orang Muslim di sana hampir tidak tahu tentang Muslim Cina, apakah agama atau situasi mereka. Banyak bahkan meminta saya, 'Apakah ada Muslim di Cina?' Ini membuat saya menyadari bahwa saya harus mulai mengambil foto-foto ini untuk membiarkan dunia luar belajar tentang apa yang terjadi dengan umat Islam Cina serta kebijakan Cina-pemerintah tentang agama," kata Bai Xueyi.

Di sisi lain, populasi Muslim di negara Tiongkok ini terus tumbuh dan populer di kalangan anak muda. Survei Pew Forum on Religion & Public Life Pew menunjukkan 22,4 persen anak muda di negara tersebut memeluk agama Islam. Jumlah penganut Islam akan terus bertambah bahkan akan menjadi 29,9 juta pada tahun 2030.

Hingga saat ini ada 10 etnis minoritas di Cina yang memeluk agama Islam. Sebagian besar etnis Hui dan Uygur. Selain itu, ada sekitar 30 ribu masjid berdiri di tanah Cina dengan memiliki sekitar 40 ribu imam dan pengajar muslim. Menurut Asosiasi Islam Cina, sejak 1980 sudah ada sekitar 40 ribu Muslim Cina yang menunaikan ibadah haji. (njs/gulf today/dbs)

 

 


Back to Top