Pandu Wisatawan Muslim, Kota Okayama Jepang Gunakan Logo Buah Persik

gomuslim.co.id- Jepang menjadi tempat yang ramah bagi wisatawan muslim. Sejumlah fasilitas ibadah dan penyediaan makanan halal menjadi fokus utama dalam menyambut kunjungan turis muslim dari berbagai Negara ke Negeri Sakura itu. Beberapa kota pun kini mulai disiapkan menjadi andalan wisata halal, salah satunya adalah Okayama.

Baru-baru ini, ada logo buah persik yang akan memandu wisatawan Muslim di Okayama, Jepang. Hadirnya logo tersebut merupakan kabar baik bagi wisatawan Muslim karena dapat mempermudah dalam mencari fasilitas untuk memenuhi kebutuhan khusus mereka.

Logo tersebut memungkinkan wisatawan Muslim untuk mengidentifikasi restoran yang menyediakan makanan yang tidak mengandung babi. Selain itu, ada menu berbahasa Inggris dan akomodasi yang memiliki sajadah untuk shalat.

“Asosiasi kesehatan pariwisata Okayama, Maniwa dan Kibichuo, serta asosiasi pariwisata daerah telah mulai memberikan sertifikasi untuk berbagai fasilitas, restoran, kafe dan tempat-tempat lain. Mereka akan menampilkan logo berwarna pink dan bergambar buah persik,” tulisnya sebagaimana dilansir dari publikasi Asahi Shimbun, Selasa (14/03/2017).

Fasilitas yang bersertifikasi halal ini menjamin makanan telah disusun sesuai dengan hukum Islam. Namun, memperoleh sertifikat halal sangat sulit karena hanya ada lima fasilitas di tiga kota, termasuk dua restoran dan produsen kue kibidango.

Sulitnya wisatawan Muslm menemukan fasilitas, telah melatarbelakangi berbagai asosiasi untuk sepakat menampilkan logo khusus, yaitu buah persik. Namun, terdapat dua logo buah persik yang tentu memiliki dua makna yang berbeda.

Logo Persik pertama berwarna pink, untuk fasilitas makanan yang tidak mengandung babi, dan menghadirkan menu berbahasa Inggris. Logo Persik kedua, berwarna pink dan kuning, memiliki semua kriteria logo pertama serta penjelasan bahan baku produk secara tertulis.

Restoran yang menggunakan daging bersertifikat halal atau menawarkan makanan vegetarian, kemungkinan akan disertifikasi menggunakan Logo Persik Kedua. Kriteria yang sama akan disahkan asosiasi kosmetik dan makanan olahan.

Selain itu, ada fasilitas yang menyediakan sajadah dan kompas, serta toilet yang memungkinkan umat Islam untuk mengambil wudhu. Hingga kini, total ada 13 fasilitas, termasuk tujuh restoran, tiga fasilitas akomodasi dan tiga produsen dalam kota yang memakan Logo Persik.

Berbagai asosiasi berencana untuk menerbitkan sebuah buku panduan, yang menampilkan fitur fasilitas yang mempromosikan Logo Persik sebagai sertifikasi. Maret ini, asosiasi juga dijadwalkan dapat mempromosikan logo itu di sebuah acara pariwisata di Malaysia.

Sebelumnya, Walikota Okayama, Masao Omori dalam acara Okayama Tourism Promotion mengatakan pihaknya sejak tahun lalu telah menawarkan wisata ramah Muslim termasuk untuk wisatawan Indonesia. "Kami tengah promosikan wisata yang ramah Muslim, baik tempat maupun makanannya. Ada guide Muslim yang bisa antar wisatawan saat di Okayama," ujarnya.

Di Okayama, tambahnya, juga terdapat masjid yang bisa menjadi tempat ibadah wisatawan Muslim. Selain itu, komunitas Muslim di Okayama juga begitu erat. "Warga lokal juga ada yang Muslim," kata Masao. (njs/AsahiShimbun/dbs)

 


Back to Top