Pro Kontra Koleksi Hijab Nike, Ini Kata Para Atlet Muslimah

gomuslim.co.id- Hijab semakin populer di kalangan masyarakat. Kebutuhan akan produk hijab pun kini mulai meningkat seiring tumbuhnya kesadaran muslimah untuk menutup aurat. Peluang ini dimanfaatkan oleh sejumlah perusahaan penyedia produk olahraga untuk memenuhi kebutuhan pasar. Salah satunya adalah oleh brand kenamaan dunia, Nike.

Setelah mengumumkan akan merilis koleksi hijab bernama ‘Nike Pro Hijab’ untuk olahraga, brand asal Amerika Serikat ini mendapat ragam tanggapan dari para atlet dan masyarakat luas. Beragam respon masyarakat ramai berdiskusi di media sosial. Padahal, produk ini sendiri rencananya baru akan diluncurkan pada tahun 2018 mendatang.

Beberapa atlet muslim pun angkat bicara terkait produk hijab ini. Salah satunya adalah mantan atlet angkat besi berhijab Amna Al Haddad. Baru-baru ini, dia menuliskan 'surat terbuka' melalui Facebook untuk Nike mengenai koleksi hijabnya.

Dalam surat terbukanya, Amna mengatakan bahwa di masa lalu hijab cukup membatasi serta menyulitkan gerak seorang atlet wanita muslim. Hijab yang memang tidak didesain untuk olahraga membuatnya cepat berkeringat dan kelelahan.

Amna pun menuturkan bahwa banyak muslimah mengalami berbagai masalah yang sama terkait penggunaan hijababnya ketika latihan. Hal demikian karena saat itu belum ada brand besar yang mau melirik hijab sebagai pangsa pasar.

“Dari perspektifku sebagai mantan atlet yang berkompetisi menggunakan Hijab, di masa lalu, merek besar tidak melihat kebutuhan pasar karena itu (Hijab) tidak populer di kalangan masyarakat. Dan masih jarang terdengar wanita berhijab olahraga, jadi atlet, hingga berkompetisi menggunakan jilbab," tulis Amna di akun Facebook pribadinya.

Wanita yang berdomisili di UAE itu juga mengatakan kalau sebagai wanita muslim ia dan teman-temannya sudah berbicara soal hijab olahraga di publik sejak 2011 lalu. Mereka berharap label olahraga besar akan melirik hijab sebagai kebutuhan pasar. Maka dari itu ketika mendengar Nike akan merilis koleksi hijab tentu Amna sangat senang.

Peluncuran ini terjadi setelah meningkatnya wanita yang menginginkan kebutuhan hijab khusus olahraga. Beberapa orang mengkritik Nike telah mengkomersilkan wanita berhijab. Namun Amna berusaha membela brand sportwear itu.

Menurut Amna, wajar sebagai perusahaan yang inovatif Nike menciptakan produk baru demi memenuhi kebutuhan pasar, apa pun itu tidak harus jilbab. Karena kini semakin banyak wanita berhijab yang terjun ke dunia olahraga, Nike pun berusaha memenuhi kebutuhan pelanggannya. Justru dengan adanya koleksi hijab olahraga dari Nike bisa menunjang aktivitas muslimah ketika melakukan latihan fisik seperti diungkap Amna.

"Aku mendukung semua wanita muslim baik yang pakai hijab maupun tidak. Tapi dengan adanya Nike Sports Hijab itu pasti akan mendorong generasi altet baru untuk terjun ke olahraga yang profesional," tambahnya.

Untuk diketahui, 'Nike Pro Hijab', adalah label sportwear berbahan polyester yang ringan serta breathable agar membuat wanita muslim merasa nyaman saat latihan fisik. Kini koleksi tersebut masih dalam tahap produksi.

Dalam uji cobanya, Nike memilih seorang skater muslim dan berhijab, Zahra Lari, memakainya ketika melakukan aktivitas sebagai atlet. Zahra mengatakan bahwa ia turut senang dan bangga kalau Nike merilis busana olahraga untuk wanita berhijab.

"Saya sangat senang dan sedikit emoisional melihat Nike meluncurkan hijab. Jujur, saya mencoba begitu banyak jenis jilbab yang berbeda untuk kenyamanan dan sangat sedikit dari jilbab yang saya temukan bisa benar-benar bekerja dengan baik. Setelah saya pakai Nike dan mencobanya berolahraga di atas es, saya merasa ini ringan dan fit," paparnya. (njs/dbs)

Baca juga:

Resmi Dirilis Tahun Depan, Ini Produk Hijab Terbaru untuk Atlet Muslimah dari Nike

 


Back to Top