Dorong Anak Mahir Baca Alquran, Pemkot Pagaralam Sumsel Imbau Sekolah Dasar Masukan BTQ Jadi Ekstrakurikuler

gomuslim.co.id- Alquran merupakan kitab suci yang menjadi pedoman umat Islam. Dalam mendalami isi kandungannya, syarat pertamanya adalah bisa membaca dan menulis Alquran yang memang berbahasa Arab. Apalagi di Indonesia, tradisi mengaji Alquran sudah menjadi warisan yang patut dijaga dan diberdayakan.

Baru-baru ini, Wali Kota Pagaralam, Sumatera Selatan (Sumsel), Ida Fitriati menghimbau kepada instansi pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD) agar memasukkan Baca Tulis Alquran (BTQ) dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Hal ini dilakukan dalam rangka memberantas buta huruf Alquran pada anak sekolah di kota tersebut.

Selain itu, imbauan ini sekaligus mengimplementasikan Peraturan Walikota (Perwako) No 3 Tahun 2016 tentang Baca Tulis Alquran (BTQ). Menurut Ida, peraturan itu sejatinya sudah mulai diterapkan sejak tahun lalu, namun hingga saat ini masih banyak anak SD yang belum bisa membaca Alquran.

“Dari kunjungan ke sejumlah sekolah dasar, masih ditemukan sebagian siswanya belum bisa membaca Alquran. Padahal Peraturan Wali Kota No 3 (Perwako BTQ) ini sudah mulai diterapkan sejak tahun lalu,” ujarnya, Selasa  (14/3/2017).

Lebih lanjut, Ida juga mengatakan bahwa ini merupakan tugas bersama terlebih kepada orangtua dan guru agama. Dia juga mengimbau kepada guru agama agar lebih lebih fokus dalam pelajaran agama, khususnya baca tulis Alquran kepada siswa/siswi yang belum sama sekali faham.

Menurutnya, bisa baca tulis Alquran ini sangat penting dan bisa diajarkan secara bertahap namun berkelanjutan. “Untuk mengerti tajwid bisa diajari menyusul, tidak perlu siswa harus khatam Alquran namun yang terpenting siswa bisa membaca huruf Alquran. Apa lagi ujian akhir tinggal beberapa bulan lagi,” ujar Ida Fitriati.

Ida mengingatkan harus dilakukan pemilihan bagi siswa yang belum bisa sama sekali membaca Alquran sebagai tanggungjawab guru agama di sekolah dan tanggung jawab orang tua siswa di rumah. “Di sekolah tanggungjawab guru agama salah satunya mengajarkan baca tulis Alquran.  Sama seperti mengajarkan membaca huruf abjad latin,” ungkapnya.

Ida berharap dengan penegasan ini nantinya semua siswa SD ketika sudah lulus sudah dapat membaca Alquran dengan baik dan bener. “Jadi jangan hanya mengajar ilmu dunia saja, ilmu akhirat juga perlu diajarkan kepada siswa sebagai umat Muslim,” tandasnya.

Sekedar informasi, Kota Pagar Alam merupakan salah satu kota di provinsi Sumatera Selatan yang dibentuk berdasarkan Undang–Undang Nomor 8 Tahun 2001 (Lembaran Negara RI Tahun 2001 Nomor 88, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4115). Sebelumnya kota Pagar Alam termasuk kota administratif dalam lingkungan Kabupaten Lahat.

Kota ini memiliki luas sekitar 633,66 km² dengan jumlah penduduk 126.181 jiwa dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 199 jiwa/km². Kota ini berjarak sekitar 298 km dari kota Palembang dan juga berjarak sekitar 60 km di sebelah barat daya Kabupaten Lahat. (njs/dbs)


Back to Top