Inilah Detergen Halal Pertama di Indonesia

gomuslim.co.id- Kebutuhan akan produk halal kini mulai dilirik oleh masyarakat Indonesia terutama umat Muslim. Para produsen barang dan jasa kian memodifikasi produk mereka dengan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Konotasi halal juga tak hanya pada makanan dan minuman, beberapa jenis kebutuhan habis pakai, seperti sabun detergen  pun sudah ada yang bersertifikasi halal. Salah satunya adalah detergen Total Almeera yang sudah menjamin produknya bersertifikasi halal dari MUI.

Hal ini juga berdampak juga pada dunia fesyen dengan persentase 7 persen pertahunnya. Dengan jumlah tersebut, permintaan akan busana berbahan halal dan bagaimana membersihkannya pun meningkat.

Sementara itu, permintaan umat Muslim dalam mendapatkan produk halal cukup besar. Tujuannya agar istiqomah dalam menjalani kehidupan. Tak terkecuali dalam hal cuci mencuci pakaian. Seperti yang telah diketahui umat Islam harus menjauhkan segala sesuatu yang berbau haram seperti alkohol atau mengandung bahan yang berasal dari babi.

Ustadz kondang, Aa Hadi mengatakan bahwa seorang Muslim diharuskan suci dari najis dan bersih dari sesuatu yang haram agar tak mengurangi khidmatnya beribadah.

"Bila kita ingin beribadah dengan baik dan khusyuk kita juga harus dalam keadaan bersih atau halal lahir dan batin, bila tidak ibadah menjadi tidak lengkap," ungkapnya pada acara ‘Halal Itu Harus TOTAL’, Rabu (15/03/2017).

Lebih Lanjut, Aa Hadi mengimbau agar konsumen harus jeli memilih produk rumah tangga seperti detergen yang dipakai untuk mencuci pakaian. Pilih yang bebas dari alkohol agar ibadah semakin afdol.

Sementara itu, Perwakilan Direksi Detergen Total, F. Gunawan menyampaikan sekiranya pilih detergen dengan bahan turunan kimia yang aman lagi halal tanpa kandungan alkohol.

"Kalau ingin memilih detergen pilih dengan kandungan turunan kimia surfaktan yang bersifat membersihkan kemudian dengan fragrance (wewangian) yang bebas alkohol. Dengan ini Insha Allah ibadah akan lebih lengkap. Tak hanya itu pastikan proses produksi, hingga distribusi juga halal sesuai dengan syariat agama atau sertifikasi halal dari MUI," pungkasnya.

Secara ilmiah, deterjen terbuat dari bahan yang disebut sebagai surfaktan. Bahan kimia ini memiliki sifat pembenci air dan pengikat air, saat bekerja elemen surfaktan ini akan menghilangkan noda pada pakaian. Selain surfaktan ada pula penggunaan bahan kimia lain yakni natrium silikat yang berfungsi mencegah karat pada mesin cuci, natrium sulfat, dan juga parfum. (nat/dbs)

 

 

 

Komentar

  • Yanti

    16 Maret 2017

    komen

    ada ada aja yaaa jaman skrng, smeuaanya jd hala2.. deterjen, pelumas, kosmetiknya. moga aja jd sejaterain umat Islam Indonesia yaaa, jgn disalahartikan atau jd bhan korupsiiian...!!!


    Reply






















Tulis Komentar

Kode Acak

*Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top