Perdana Tahun Ini, Aceh Akan Gelar Islamic Fashion Parade

gomuslim.co.id- Setelah mendapat predikat The Best Halal Cultural Destination dalam ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 lalu, Provinsi Aceh terus melakukan inovasi untuk kembangkan pariwisata halalnya. Tak hanya infrastruktur, beragam parade budaya pun gencar dilakukan. Salah satunya adalah event parade yang akan berlangsung pada bulan Mei 2017 mendatang.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh bersama Forum Tokoh Perempuan Aceh (FTPA) tengah mempersiapkan sebuah acara fashion terbesar di Aceh yang akan digelar 16 sampai 17 Mei mendatang.

Acara fashion yang bekerjasama dengan Sisterly Community Aceh ini bertajuk Aceh Islamic Fashion Parade (AIFP) 2017 juga menghelat beragam agenda untuk menarik citra fashion Aceh di kancah nasional.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi dalam rilisnya mengatakan hadirnya anak-anak muda kreatif di Aceh yang fokus di bidang fashion tentu menarik untuk kita dorong, sehingga citra fashion Aceh yang lekat dengan nilai-nilai budaya dan ragam corak bisa bersaing ke tingkat nasional bahkan global, sehingga bisa menarik minat wisatawan.

“Kita sangat memberikan apresiasi untuk kesuksesan acara fashion ini, Aceh yang lekat dengan Syariat Islam dan juga keberagaman budaya tentu akan menjadi modal dasar, bahwa penikmat fashion dan desainer Aceh bisa berkreasi untuk menunjukkan karyanya kepada publik dengan kontek yang Islami, terlebih lagi Aceh sendiri sudah dinobatkan sebagai destinasi halal budaya terbaik dunia,” jelasnya.

Sejumlah agenda utama acara ini telah dipersiapakan, mulai dari peluncuran baju khas Aceh baik busana sehari-hari (daily wearable) serta berbagai perlombaan yang memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah.

Selain itu, Cut Putri Kausaria selaku Panitia Acara AIFP mengatakan penampilan baju khas Aceh ini nantinya akan menjadi penampilan spekatakuler. Pada acara tersebut ada juga beberapa lomba yang bisa diikuti oleh seluruh kalangan pecinta fashion di Aceh seperti Make Up Artist Competition, Fashion Design Contest, dan juga Pemilihan Duta Islamic Fashion Aceh.

Masing-masing perlombaan, sebut Cut Putri akan dinilai oleh bintang tamu terkemuka dibidangnya, mulai dari make-up artist nasional, fashion designer nasional, dan artis nasional.

“Untuk melengkapi perhelatan akbar ini, akan ada juga Beauty Class yang dibuka untuk umum. Disini akan ada kisah-kisah inspiratif dalam dunia fashion dari bintang tamu sehingga diharapkan dapat menginspirasi para tamu yang hadir, terutama bagi para pecinta dan pelaku bisnis fashion di Aceh,” ujarnya.

Selain itu, ajang AIFP ini juga akan menampilan pameran fashion hasil karya putra-putri Aceh serta tidak ketinggalan, tamu-tamu nasional dan internasional akan juga ikut menghadiri momen bersejarah ini. Informasi lengkap terkait event ini bisa diakses di laman: www.acehifp.com.

Sebelumnya, Disbudpar Aceh juga merilis agenda The Light of Aceh selama tahun 2017 ini. Kepala Bidang Pemasaran, Rahmadhani menyatakan ada beberapa kegiatan atraksi wisata yang bersifat core event dan facilitating events tahun 2017 yang dikemas melalui semangat The Light of Aceh dan Wonderful Indonesia meliputi Festival Pulo Aceh, Sail Sabang 2017, Pekan Nasional KTNA, Festival Danau Lut Tawar, Festival Musik The Light of Aceh dan serta beberapa event wisata menarik lainnya. (fau/disbudparaceh)

Baca juga:

Fokus pada Wisata Budaya dan Religi, Ini Kalender Event ‘The Light Of Aceh’ 2017


Back to Top