Kenalkan Islam Lewat Seni, Hijabers Kanada Gelar Konser Musik 'Expressions of Muslim Women’

gomuslim.co.id- Kiprah wanita berhijab saat ini mulai meluas di berbagai bidang, tak hanya sebatas pada aktivitas di rumah. Wanita Muslim masa kini mulai berkarya dan mengekspresikan dirinya sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing, salah satunya dengan musik.  

Di Kanada, komunitas wanita Muslim akan menggelar konser musik yang semua musisinya adalah para Muslimah. Komunitas ini dinamakan Expressions of Muslim Women (EMW) setiap tahunnya rutin menggelar konser musik.

Sejak 2008, EMW menyelenggarakan konser musik dengan penonton khusus wanita. Namun di tahun ini, EMW mengajak pria maupun wanita untuk hadir di konser musik yang penyanyinya semua Muslimah. Konser yang dinamakan Songs of Muslim Women akan menampilkan penyanyi Muslim di Ottawa. Mereka akan membawakan lagu-lagu sendiri dan tradisional dengan gaya musik berbeda-beda.

Konser Songs of Muslim Women diharapkan pihak EMW dapat menjadi kesempatan untuk menunjukkan keharmonisan dan persatuan masyarakat di Kanada. Mengingat banyak kasus terkait wanita berhijab maupun masyarakat Muslim lain setelah panasnya dunia politik. Belum lagi adanya berita negatif seputar Muslim di Kanada beberapa akhir pekan ini.

Selain itu, salah satu tujuan diadakannya konser ini untuk menaikkan citra para wanita Muslim khususnya yang berhijab di Kanada. Ini juga merupakan kesempatan untuk mendukung para wanita Muslim yang memiliki minat di bidang musik.

Seorang aktivis Muslim yang terkenal di Kanada, Khadija Haffajee turut menyerukan kepada hijaber Kanada untuk ikut hadir di konser Songs of Muslim Women demi merayakan kebebasan mereka.

“Tunjukkan bahwa hijab bukan menjadi penghalang untuk bisa berekspresi. Kami tidak tertindas atau ditekan walau kami berpakaian tertutup, jadikan ini sebuah perayaan buat kita," ujar Khadija.

Pagelaran konser musik untuk wanita Muslim juga akan diramaikan oleh para musisi seperti Audrey Saparno yang baru saja merilis album Beauty Inside akan bernyanyi dengan diiringi gitar. Sementara grup vokal Sisters in Song akan menampilkan musik barat yang ditafsirkan kembali dengan konteks Islam.

Hadir pula Baraa Arar dan Maha Temkit yang akan mengombinasikan puisi dan gitar. Berbeda dengan penyanyi Nasreen Shoshi dan grup band-nya yang menyanyikan lagu tradisional. Selain itu masih banyak musisi lainnya yang akan menampilkan pertunjukan musik beragam.

Sementara itu, direncanakan konser tersebut akan digelar pada Sabtu (18/3/2017) di Centrepointe Studio Theatre, Ottawa, Kanada. Konser digelar mulai pukul 20.00. Sejak sembilan tahun lalu, konser musik yang diusung oleh EMW menjadi salah satu acara musik yang paling ditunggu para hijabers Kanada dan menjadi ajang untuk berekspresi dan menuangkan kreativitas dan menginspirasi para wanita Muslim di Kanada. (nat/dbs)


Back to Top