Dukung Industri Keuangan Syariah, Pemerintah Turki Tawarkan Proyek Investasi Baru dengan Sistem Keamanan Perumahan

gomuslim.co.id- Proyek perumahan pertama Turki yang akan ditawarkan kepada masyarakat telah diluncurkan awal Maret 2017 lalu. Sistem pengamanan real estate akan muncul sebagai instrumen keuangan baru, yang akan meringankan beban bunga untuk perusahaan konstruksi, dan akan menjadi alat investasi bagi individu.

Pada konferensi persnya,  Administrasi Pembangunan Perumahan Turki atau Housing Development Administration of Turkey (TOKI) meluncurkan keamanan real estate, yang didefinisikan sebagai model investasi baru untuk pasar komunitas muslim sebagai instrumen keuangan.

Sekuritas real estate ini direncanakan untuk go public pada akhir bulan Maret ini. Penawaran ini memungkinkan investor dari semua tingkat untuk membeli saham dari sebuah rumah. Tidak hanya itu, keamanan real estate ternyata investor menjadi mitra proyek daripada membuat mereka pemilik rumah.

Subjek proyek real estate pertama yang sekuritas akan menjadi proyek perumahan Taman Mavera (Park Mavera) 3 di Başakşehir, terletak di bagian barat dari Istanbul.

Sesuai dengan sistem baru yang akan menjadi yang pertama untuk pasar Turki, proyek pembangunan ini akan dibagi menjadi saham bahwa setiap orang dapat membeli. Saham tersebut akan diperdagangkan di Borsa Istanbul - pasar valuta utama Turki.

Investor akan dapat membeli saham dari bank manapun melalui agen Vakıf Yatırım, yang merupakan afiliasi dari milik negara Turki Vakıf Bank. Saham akan tetap terbuka untuk perdagangan sampai pekerjaan konstruksi berakhir, yaitu 36 bulan untuk kawasan Park Mavera 3. Harga selama periode ini adalah sampai dengan pasokan dan permintaan, karena untuk semua saham yang diperdagangkan di pasar valuta.

Jadi, jika nvestor ingin memiliki sebuah apartemen sendiri dalam periode ini, ia dipersilahkan untuk mengumpulkan semua saham apartemen untuk mengambil alih kepemilikan tunggal. Dengan perjanjian baru, apartemen akan ditarik dari pasar saham, dan sertifikat kepemilikan akan diberikan kepada investor.

Bagi mereka yang tidak ingin memiliki sebuah apartemen, mereka akan bebas untuk menjual saham mereka di pasar bursa kapan saja mereka inginkan selama 36 bulan. Nilai harga saham tergantung pada nilai pasar hari. Ketika pekerjaan konstruksi berakhir, dan rumah-rumah yang siap untuk tinggal di, efek real estate akan dijual melalui pendapatan lelang dan penjualan akan dibagikan kepada pemegang saham.

Selain itu, publikasi DailySabah menyebutkan proyek The Park Mavera 3 mulai dibangun pada bulan Februari oleh Makro INSAAT. TOKI adalah penjamin proyek yang berarti lembaga ini menjamin bahwa pembangunan akan selesai.

Berbicara pada konferensi pers, Ercan Uyan, Ketua Dewan Makro Insaat Turki, mengatakan harga satu saham akan TL 42,5 ($ 11,37) untuk korban keamanan pertama pada akhir bulan ini. Penawaran ini akan mencakup 28,6 persen dari total proyek. Investor akan dapat memutuskan memiliki saham di apartemen yang mana.

Sistem keamanan real estate dengan pembaruan model bagi hasil saat ini TOKI gunakkan, dinilai sangat efektif oleh Ketua TOKI, Mehmet Ergün Turan. Berkat model ini, katanya, tidak hanya TOKI tetapi juga investor individu akan menjadi mitra dalam proyek-proyek konstruksi. Hal ini akan menjadi model investasi alternatif dan itu benar-benar halal dalam hal aturan keuangan Islam, karena harga saham tergantung pada permintaan pasar. (fau/dbs)


Back to Top