Ajang Sail Sabang 2017 Akan Dorong Investasi Pariwisata Halal di Serambi Mekkah

gomuslim.co.id- Pariwisata halal Aceh mendorong wisatawan untuk tertarik menyambangi Serambi Mekah. Di akhir tahun Aceh akan menyelenggarakan Sail Sabang. Acara ini turut mendorong investasi swasta khususnya pada industri pariwisata bahari Aceh. Rencananya, Sail Sabang akan digelar di Sabang pada 1 sampai 7 Desember 2017.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTST) Provinsi Aceh Iskandar Zulkarnaen mengatakan perhelatan Sail Sabang harus dioptimalkan untuk mendorong investasi swasta di industri pariwisata.

“Kota Sabang memiliki potensi wisata bahari yang tidak kalah menarik dengan daerah lain. Bahkan berbicara industri pariwisata di provinsi paling ujung barat Sumatera, Sabang menjadi barometer. Inilah salah satu alasan penyelenggaraan Sail Sabang,” papar Iskandar. 

Berkaitan dengan industri pariwisata di Aceh, Sabang menjadi barometer, namun banyak potensi wisata di Sabang belum dikelola dengan maksimal. “Kami berharap Sail Sabang mampu mendorong pertumbuhan industri pariwisata di kepulaun paling ujung barat Indonesia," harapnya.

Pihaknya berharap agar Pemerintah Kota Sabang mampu mengelola even nasional ini dengan optimal. "Pemerintah pusat terus mengkampanyekan industri pariwisata dan jika potensi ini mampu dikelola degan optimal akan menyerap banyak tenaga kerja dan ekonomi masyarakat pun akan meningkat," pungkasnya.

Lebih lanjut, ia menilai pengembangan industri pariwisata butuh dukungan semua pihak. Namun, pemerintah punya keterbatasan untuk menyelenggarakan infrastruktur pendukung. "Di sinilah peran semua pihak untuk mendorong para investor mau berinvestasi di Sabang dan Aceh secara umum," katanya.

Di pihak lain, Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) Fauzi Husin menyampaikan persiapan Sail Sabang sudah didiskusikan dengan matang dengan Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata, Pemerintah Aceh serta Pemerintah kota Sabang.

Sail Indonesia sebelumnya diadakan di Morotai, Maluku Utara, pada 2012, Komodo, Nusa Tenggara Timut, pada 2013, Raja Ampat, Papua Barat, pada 2014, dan Sail Tomini, Sulawesi Tengah, pada Oktober 2015 dan pada 1 sampai 7 Desember 2017 akan berlangsung di Sabang, Aceh.

Momentum Sail Sabang 2017 menjadi upaya untuk menghidupkan kembali pelabuhan Sabang, terutama dengan semakin meningkatnya kunjungan kapal pesiar dalam tiga tahun terakhir ini. Pada 2013 sampai 2015, pelabuhan Sabang dikunjungi oleh 8 kapal pesiar dan pada 2016 dikunjungi 11 kapal pesiar. Kapal pesiar ini rata-rata membawa 800 sampai 1.500 orang penumpang dan membelanjakan lebih dari 5.000 dolar AS per orang di daerah wisata yang dikunjunginya.

Tak hanya itu, melalui perhelatan internasional ini dapat mewujudkan cita-cita untuk menata Kota Sabang, terutama Teluk Sabang menjadi kawasan Sabang Marina Bay dan pengembangan Teluk Sabang menjadi pelabuhan hub wisata bahari berkelas dunia khususnya untuk kapal-kapal cruise dan yacth dapat terwujud.

Jika hal ini terwujud maka akan membuka lapangan pekerjaan terutama di bidang industri halal di Aceh, seperti pengembangan hotel dan resort, serta penginapan lainnya, jasa transportasi dan guide, rumah makan dan restoran, perbankan dan money changer, tempat wisata dan lainnya. (nat/acehtribun/dbs)


Back to Top