World Zakat Forum 2017

Ketua BAZNAS Bambang Sudibyo Terpilih Jadi Sekjen World Zakat Forum Periode 2017-2020

gomuslim.co.id- Pada gelaran World Zakat Forum (WZF) 2017 yang diselenggarakan pada 15 sampai 16 Maret 2017. Secara demokratis terpilih Prof. Dr. Bambang Sudibyo MBA,CA sebagai Sekretaris Jendral World Zakat Forum (WZF) Periode 2017 sampai 2020. Ia juga merupakan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Pemilihan dihadiri oleh para pegiat zakat dari 11 negara, dengan metode satu negara satu suara. Mantan Menteri Keuangan untuk periode 1999 sampai 2000 dan mantan Menteri Pendidikan untuk periode 2004 sampai 2009 akan bertugas memimpin gerakan zakat dunia menggantikan Ahmad Juwaini, tokoh zakat Indonesia yang juga Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa 2013 sampai 2016.

Dalam sambutannya, Bambang menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Terpilihnya Bambang juga wujud dari kepercayaan dunia atas gerakan zakat di Indonesia. Perlu dukungan dari semua pihak dalam memajukan zakat selama tiga tahun ke depan. Dikatakannya pemilihan ini juga bermakna pengakuan atas gerakan zakat di Indonesia oleh para penggerak zakat dunia. 

“Saya ucapkan terimakasih dan turut mengapresiasi kepada  Ahmad Juwaini karena sudah mengemban tugas dengan baik dan melaksanakan proses transisi secara maksimal. Kepengurusan yang baru akan bekerja keras memperbanyak anggota, lintas organisasi, bekerja dengan target jelas baik dari segi pengelolaan waktu maupun dari sisi target kualitatif,” ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama Ahmad Juwaini turut bangga atas terpilihnya Guru Besar Universitas Gadjah Mada tersebut.  “Prof. Bambang merupakan tokoh yang sangat mumpuni. Beliau pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan. Dengan jaringan yang luas ini, diharapkan akan memperlebar sepak terjang WZF dalam hubungan kerjasama antar negara internasional lainnya yang belum tergabung dalam forum ini,” pungkas Ahmad. 

Kendati demikian, ia berharap dengan terpilihnya Bambang Sudibyo, WZF kian powerful, punya daya jangkau luas dan dampaknya makin terasa di dunia perzakatan. 

Pimpinan Pusat Pungutan Zakat (PPZ) Malaysia, Amran Hazali juga mengucapkan terimakasih atas kerja keras Ahmad Juwaini selama tiga tahun ini sehingga dapat terus dilaksanakan dengan baik. Ia berharap, WZF dapat digerakkan aktivitasnya di luar konferensi utk menunjukkan pentingnya forum para pegiat zakat berskala internasional. 

Selain terpilihnya Sekjen WZF yang baru, konferensi WZF 2017 yang berlangsung selama dua hari ini telah menghasilkan 11 resolusi gerakan zakat untuk tiga tahun ke depan.

Di antaranya WZF akan mendorong para anggota untuk meningkatkan kebijakan, profesional dan tata kelola zakat. Para peserta bersepakat untuk melakukan aksi nyata meningkat kesejahteraan global dengan meningkatkan peran zakat dalam pengentasan kemiskinan di berbagai negara.

Resolusi juga berisi tentang kesadaran para Negara anggota WZF bahwa kemiskinan bukan sekedar masalah uang, namun juga pola pikir dan sikap. Kemiskinan merupakan tanggung jawab umat melalui amil untuk melakukan pendekatan yang lebih menyeluruh untuk meningkatkan kesejahteraan mustahik.

“Selain itu pemberlakuan Indeks Zakat Nasional (IZN) juga akan digalakkan sebagai standar nasional lembaga pengelolaan zakat di Indonesia. Adanya sertifikasi amil zakat dan fokus mewujudkan 17 poin Sustainable Development Goals (SDGs) menjadi tujuan WZF ke depannya di tangan kepemimpinan Prof. Bambang,” tukas Ahmad menambahkan. (nat)

Baca juga:

Bersama 20 Negara, Indonesia Jadi Tuan Rumah Konferensi Zakat Dunia 2017

  

 

 


Back to Top