Kenalkan Ajaran Agama Islam, Organiasi 'GainPeace' Gelar Mosque Open Houses untuk Warga AS

gomuslim.co.id- Sebuah inovasi baru tenga digarap oleh sebuah organisasi umat Muslim di Amerika bernama GainPeace. Mereka mencoba untuk membantu lebih banyak orang Amerika mengenal Islam dan Muslim dengan mengadakan acara Mosque Open Houses.

Direktur GainPeace Dr. Sabeel Ahmed mengatakan tujuan utama diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk berbagi ajaran Islam yang benar, yang berdiri untuk perdamaian dan keadilan, dan menghapus kesalahpahaman,  seperti yang dilansir dari publikasi  fox32chicago, Senin (20/03/2017). 

“Dalam acara ini, organisasi mengundang warga Amerika yang ingin lebih mengenal tetangga Muslim mereka. Menurutnya, sekitar 67 persen warga Amerika belum pernah bertemu seorang Muslim,” ujar Ahmed.

Sementara itu, di kesempatan tersebut kegiatan Mosque Open Houses pengunjung dapat mengadakan dialog dengan Muslim yang mereka temui. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati kegiatan sosial yang diadakan oleh panitia. Seperti kegiatan untuk anak-anak, bazar makanan dan lain sebagainya.

Kemudian, untuk lebih memahami ajaran Islam para tamu juga diberi terjemahan Alquran sehingga mereka dapat mengetahui pesan Islam yang sebenarnya. Panitia juga memberi informasi tentang sejarah Islam dan Muslim di Amerika.  "Kami ingin menyampaikan bahwa Muslim Amerika dan Islam adalah bagian dari Amerika Serikat, sama seperti Yahudi dan Kristen," pungkasnya.

Di Amerika Serikat, Islam adalah agama terbesar ketiga setelah Kristen dan Yahudi. Menurut sebuah studi yang dilakukan Pew Research Center mengenai populasi Muslim di Barat, terutama di Eropa dan AS itu bertolak belakang dengan perhitungan yang biasanya dilaporkan oleh organisasi-organisasi Muslim di kawasan-kawasan tersebut. Muslim di AS, misalnya, secara umum diyakini berjumlah lebih dari tujuh juta sementara Prancis lebih dari enam juta.

Diperkirakan ada sekitar 3,3 juta Muslim dari segala usia yang tinggal di Amerika Serikat pada 2015. Ini berarti bahwa umat Islam terdiri sekitar satu persen dari total penduduk Amerika Serikat (sekitar 322 juta orang pada tahun 2015). Dan angka itu akan berlipat pada tahun 2050. 

Adanya peningkatan umat Islam yang demikian pesat itu, bukan saja karena disebabkan oleh meningkatnya jumlah penduduk di negara-negara Muslim, namun juga bertambah jumlah orang-orang yang memeluk Islam (mualaf). Hal ini merupakan suatu fenomena yang menonjol, terutama setelah serangan terhadap World Trade Center (WTC) pada tanggal 11 September 2001. Ketertarikan secara alamiah dan rasa ingin tahu yang mendalam, telah mendorong peningkatan jumlah warga dunia yang berpaling kepada Islam.

Jumlah pemeluk Islam yang terus berkembang, menyebabkan perubahan secara demografi. Di banyak wilayah, penduduk Muslim sudah lebih banyak ketimbang pemeluk Kristen Protestan dan Yahudi. (nat/dbs)

 


Back to Top