Bantu Keluarga Dhuafa, Komunitas Muslim Kanada Gelar Bazar Makanan Halal

gomuslim.co.id- Gerakan dakwah Islam di Kanada kian gencar dilakukan sejumlah komunitas. Aktivitas dakwah ini tidak hanya di Masjid saja, tetapi lebih luas pada aksi sosial membantu golongan masyarakat kurang mampu. Seperti gerakan Muslim Families Network Society’s (MFNS) atau Jaringan Masyarakat Keluarga Muslim, Calgary, Kanada baru-baru ini.

Mereka menggelar bazar makanan halal dan busana Muslim di Marlborough Park Community Centre untuk keluarga Muslim kurang mampu.  Toks Bakinson, salah seorang relawan MFNS mengatakan ada permintaan yang tinggi untuk makanan dan busana muslim bagi keluarga Muslim di Calgary. Bahkan permintaan naik dua kali lipat sejak adanya pengungsi dari beberapa negara sejak tahun lalu.

Lebih lanjut, Bakinson menjelaskan pada tahun 2016, pameran ini melayani 7.000 keluarga kurang mampu. Ia berharap tahun ini pameran bisa menghadiri 10.000 pengunjung. "Kami memperkirakan hal yang sama untuk 2017 karena situasi tidak berubah  dan ekonomi tidak lebih baik. Salah satu tantangan terbesar kami adalah mencari  bank makanan halal. Tidak ada banyak bank makanan seperti itu di Calgary, jika pun ada maka harganya sangat mahal,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi calgaryherald, Senin (20/03/2017).

Selain menyediakan makanan halal dan busana Muslim, bazar ini juga menyediakan makanan pokok  bagi keluarga Muslim seperti gula, beras dan tepung. Ada juga beberapa keperluan rumah tangga lainnnya seperti sabun dan pasta gigi. Beberapa produk bahkan langsung habis saat bazar baru dibuka, untuk itu, panitia berusaha agar semua pengunjung memperoleh apa yang mereka butuhkan.

Bazar ini pertama kali diadakan pada 2007 dengan melayani hanya 167 keluarga Muslim. Kegiatan semakin berkembang dan sering dadakan satu atau dua tahun sekali. Bagi siapa saja yang ingin menyumbangkan makanan dan pakaian selama kegiatan, Bakinson mengatakan uang tunai dan hadiah sumbangan dapat diserahkan di kantor MFNS atau online sepanjang tahun di www.muslimfamilynetwork.org. 

Sebelumnya, di tempat berbeda, para pemimpin Muslim di Hamilton, Ontario Kanada membantu anak-anak di bawah usia 10 tahun yang mengalami trauma akibat insiden Islamofobia yang terjadi di Kanada baru-baru ini. Pasalnya, anak-anak menemukan kesulitan dalam memahami berbaga jenis kasus yang terjadi. "Mereka mempertanyakan mengapa hal tersebut terjadi padaku dan muslim lainnya,” ujar Sekretaris Asosiasi Muslim Hamilton, Affaf Ahtisham seperti dilansir dari publikasi dailycaller.

Sementara itu, aktivis komunitas muslim, Kamran Bhatti mengatakan, efek dari  insiden kejahatan kebencian yang terjadi di Kanada dirasakan langsung oleh komunitas  Muslim lokal. Adapun untuk anak- anak di bawah usia 10 tahun belum terlalu merasakan dampak tersebut. Namun bagi  anak-anak sekolah dasar insiden kejahatan kebencian yang menargetkan muslim memperngaruhi mereka. Mereka juga menjadi  korban rasisme maupun xenophobia. (njs/dbs)


Back to Top