ICMI Siap Ajukan Izin Bank Zakat Ventura pada Mei 2017

gomuslim.co.id- Seperti diketahui, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) sedang berencana mendirikan bank wakaf ventura. Lembaga keuangan syariah berbentuk modal ventura ini sedianya ditargetkan dapat mulai beroperasi pertengahan tahun ini. Namun, hingga kini bank wakaf ICMI tersebut masih dalam proses sosialisasi.

Wakil Bendahara Umum ICMI Suhaji Lestiadi dalam rilisnya mengatakan untuk bank wakaf ventura yang digagas ICMI saat ini sedang dalam proses sosialisasi dan sinergi dengan semua stakeholder calon pemegang sahamnya. Rencananya pemegang saham bank wakaf akan berupa organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam.

Adapun, ormas Islam yang dijajaki mulai dari Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, ICMI, Majelis Ulama Indonesia, Badan Wakaf Indonesia (BWI), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), dan lainnya.

 “Selain itu kami juga sedang penyiapan draft konsep operasionalnya dan draft anggaran dasarnya,” jelasnya.

Setelah proses sosialisasi dan sinergi, selanjutnya ICMI akan mengajukan izin pendirian bank wakaf ventura ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nantinya sebagai modal ventura, bank wakaf ventura akan berada di bawah pengawasan Industri Keuangan Non Bank OJK.

“Rencananya awal Mei 2017 diajukan ke OJK ijinnya,” ungkap Suhaji.

Bank wakaf ventura ini rencananya akan memiliki modal disetor sebesar Rp 200 miliar. Lembaga keuangan syariah diinisiasi oleh ICMI ini bertujuan untuk mengangkat ekonomi kerakyatan. Karena itu, sasaran utama bank wakaf adalah memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Sebelumnya, pada pertemuan di Istana Negara, Senin (23/01), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menyampaikan beberapa hal kepada Presiden Jokowi setelah menyelesaikan Silahturahim Kerja Nasional (Silatnas) dalam rangka ulang tahun ke-20.

Dari Silatnas ini, ICMI bertekad kembali menghidupkan kegiatan-kegiatan ilmiah di kampus-kampus Islam dengan perspektif ilmiah dan ilmu serta moral. Selain itu, ICMI berencana akan membentuk Bank Wakaf Ventura. Bank Wakaf ini nantinya diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat kecil.

Rencana ini pun telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan siang ini di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Jokowi pun memberikan respons positif terhadap rencana ini.

Di samping itu, Wakil Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prio Budi Santoso mengungkapkan, pemanfaatan Bank Wakaf ini nantinya akan difokuskan kepada masyarakat kecil.

“Sasarannya adalah pada masyarakat di pedesaan hingga pesantren. Ini akan disalurkan ke masyarakat di pesantren. Kemudian yang selama ini masih terpinggirkan karena persoalan ekonomi. Ini akan lebih yang membutuhkan khususnya di pedesaan, pesantren," ungkap Prio.

Lebih lanjut,  rencana ini akan dibahas bersama pemerintah dan jajaran terkait lainnya. Meskipun bernama Bank Wakaf, aturan yang digunakan pun tak terlepas dari aturan syariah sesuai ajaran agama Islam.

Dia menilai konsepnya sama, namun sistemnya mungkin secara syariah. “Kalau teknisnya ada, tapi sudah ada pakem menurut aturan syariah, dan tadi respons presiden positif. Kita gembira ini menjadi hal yang akan disetujui Presiden," pungkasnya.

Bank wakaf pada dasarnya akan menjawab keraguan banyak pihak akan keberadaan harta aghniya yang disalurkan kepada lembaga-lembaga yang tidak memiliki manajemen keuangan yang terstandar. Dengan adanya bank wakaf ini, publik yang menginfakkan atau mewakafkan hartanya akan lebih puas karena mendapatkan banyak keuntungan. (fau/icmi/dbs)

Baca juga:

Rampung Sebelum Juni, Begini Respon Bank Syariah dan OJK Terkait Bank Wakaf Ventura Indonesia


Back to Top