Tahun Ini, Iran Akan Berangkatkan 85 Ribu Jemaah Haji

gomuslim.co.id– Baru-baru ini, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi umumkan keikutsertaan jemaah Iran pada musim haji 1438 (2017). Hal ini ditetapkan setelah beberapa kali Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi membicarakan persiapan haji Pemerintah Iran sejak Februari silam.

Dalam pembicaraan ini, Ketua Organisasi Haji dan Wisata Iran Hamid Mohammadi berharap agar Pemerintah Arab Saudi memprioritaskan keselamatan dan keamanan jemaah haji, seperti dilaporkan Daralakhbar pada (18/03). Selain itu, Hamid juga meminta agar Pemerintah Arab Saudi memberikan kemudahan dan pelayan maksimal untuk seluruh jemaah haji.  

Sementara itu, media Iran Mehrnews.com melaporkan, pembicaraan antara Organisasi Haji dan Wisata Iran dan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menetapkan jumlah kuota calon jemaah Iran sebanyak 85 ribu jiwa. Pemerintah Arab Saudi pun sudah mempersiapkan kebutuhan medis, akomodasi para jemaah haji dari seluruh negara.

“Kami akan mengumumkan program pendaftaran ibadah haji secara berangsur,” jelas Ketua Organisasi Haji dan Wisata Iran Hamid Mohammadi. “Dalam waktu dekat, kami juga akan mengumumkan kepada pers mengenaai hasil kesepakatan antara Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi dan Organisasi Haji dan Wisata Iran mengenai korban Mina dan renovasi Masjidil Haram,” lanjut Hamid.  

Pada ibadah haji tahun lalu, Iran tidak mengirimkan jemaah haji untuk menunaikan ibadah di Tanah Suci. Pasalnya, hubungan diplomatik Iran dan Arab Saudi saat itu sedang memburuk akibat tragedi Mina pada 2015. Hal ini membuat Iran berkeinginan mengelola ibadah haji sendiri di Mekah. Namun hal ini ditolak oleh Pemerintah Arab Saudi.  

Hubungan diplomatik antara Iran dan Arab Saudi semakin memburuk pasca penjatuhan hukuman mati tokoh Syiah Arab Saudi Nimr al-Nimr pada 2016. Nimr al-Nimr dihukum mati atas tuduhan pemberontakan terhadap Pemerintahan Arab Saudi.

Untuk diketahui, Lembaga Statistik Arab Saudi mencatat, Iran mengirimkan 64.534 jemaah haji pada 2014. Sementara itu, jumlah jemaah haji Iran pada tahun 2015 tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Pada tragedi Mina 2015, korban tewas jemaah Iran menempati jumlah terbanyak di antara negara lain. Diperkirakan, korban jemaah Iran mencapai angka 464 disusul Mesir, Nigeria, Indonesia, Mali, India, Pakistan, Kamerun, dan beberapa negara lainnya. (ihs/dbs)  


Back to Top