Perkuat Visi Ekonomi 2030, Kementrian Arab Saudi Gelar Workshop Pengembangan Perekonomian Lewat Industri Haji dan Umrah

gomuslim.co.id – Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Mohammad Saleh bin Taher Benten membuka workshop pengembangan industri haji dan umrah pada (17/03). Acara ini diselenggarakan di Gedung Perdagangan dan Perindustrian Arab Saudi yang berlokasi di kota Mekah.

Turut hadir dalam acara ini Ketua Perdagangan dan Perindustrian Arab Saudi Mahir bin Saleh, beberapa staf Perdagangan dan Perindustrian Arab Saudi, dan para pengusaha, seperti dilaporkan Alriyadh.

Doktor Teknik Komputer lulusan Universitas Colorado Benten menyampaikan strategi kerjasama Kementerian Haji dan Umrah dengan sektor swasta dalam meningkatkan perekonomian negara melalui industri haji dan umrah. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk mencapai target visi Arab Saudi pada 2030 ke depan yang tidak mengandalkan perekonomian negara hanya dari minyak saja.

Benten menjelaskan, pengembangan sektor haji dan umrah dengan standar pelayanan internasional dan modern merupakan fokus utama Pemerintah Arab Saudi saat ini. Karena itu, sesuai Visi Saudi 2030, Kementerian Haji dan Umrah mentargetkan jumlah jemaah umrah hingga mencapai angka 30 juta setiap tahun pasca perluasan Masjidil Haram. Sementara itu, untuk jemaah haji Arab Saudi memperkirakan hanya bisa menambah sekitar 1 jutaan orang.

Di sisi lain, Benten berharap peran sektor swasta dapat membantu dalam meningkatkan kualitas dan keahlian para pemuda Arab Saudi dalam mengembangkan sektor industri haji dan umrah. Hal ini dilakukan untuk membangun citra positif pelayan Arab Saudi terhadap para jemaah haji maupun umrah.

“Kami harap para pemuda Arab Saudi ini dapat membantu membangun citra positif wisata iman bagi para peziarah Tanah Suci,” jelas Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi.

Sementara itu, Ketua Perdagangan dan Perindustrian Arab Saudi Mahir bin Saleh merespon positif langkah Kementerian Haji dan Umrah yang menjalin kemitraan strategis dengan lembaga yang dipimpinnya dan para pengusaha domestik maupun luar negeri.

Menurutnya, hal ini membuat pertumbuhan signifikan perekonomian nasional dari sektor haji dan umrah. “Kami berterimakasih kepada Menteri Haji dan Umrah yang telah mampu meningkatkan perekonomian nasional melalui sektor haji dan umrah,” pungkas Mahir bin Saleh.(ihs/dbs) 


Back to Top