Pembangunan Masjid Jadi Harapan Baru Umat Muslim di Kota Cary Carolina Utara AS

gomuslim.co.id- Kebahagiaan sedang dirasakan oleh umat Muslim di Kota Cary, Carolina Utara, Amerika Serikat. Pasalnya mereka akan memiliki sebuah masjid baru dengan bangunan permanen. Selama 10 tahun terakhir.

Setelah sebelumnya kegiatan shalat berjamaah dan pusat kegiatan Islam lainnya hanya dilakukan di sebuah ruangan sewa di Jalan Chatham. Kini satu bangunan masjid permanen yang terletak di Jalan Chatham 1155 W diharapkan dapat segera digunakan tahun ini. Masjid tersebut berada tepat di seberang bangunan sewa saat ini.

Ketua Pusat Islam Kota Cary, Shakil Ahmed mengatakan bahwa pendirian pusat Islam di Cary sudah dimulai pada 2008, namun saat itu umat Islam hanya menggunakan ruang sewa sementara, seperti dilansir dari publikasi carycitizen

Saat itu, mereka telah menyewa tempat tersebut sejak pada 2004 dan menggunakannya sebagai masjid. Ketika tempat itu pertama kali dibuka, hanya ada 10 sampai 12 orang yang datang untuk shalat Jumat. Sekarang, 200 orang hadir di tempat itu untuk shalat Jumat dan pertemuan mingguan. Ahmed memperkirakan, hanya 20 persen dari Muslim setempat yang hadir ke masjid dari total 1.000 sampai 1.500 orang.

Kemudian masjid baru tersebut dijadwalkan akan resmi dibuka pada 2017, namun hanya untuk lantai dasar saja. Lantai kedua dan ketiga baru akan dilakukan di tahun-tahun berikutnya. "Masjid ini akan memiliki tempat beribadah dan ruang konferensi untuk kuliah dan kelas," ujar Ahmed. 

Sedangkan lantai kedua dan ketiga akan digunakan untuk tempat shalat pria dan wanita. Lantai pertama akan menjadi pusat kegiatan Islam. Sebelum lantai kedua dan ketiga rampung, lantai pertama juga akan difungsikan sebagai tempat shalat. Bangunan itu juga akan dilengkapi perpustakaan digital dan sekolah akhir pekan.

“Untuk pembangunan tahap awal, pihaknya membutuhkan dana 6.000 dolar AS sampai 7.000 dolar AS, saya optimis kita bisa melakukan ini," pungkas Ahmed.

Semenjak terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat, Ahmed dan umat Muslim Cary lainnya mendapatkan lebih banyak dukungan dari penduduk setempat. Ia berencana mengumpulkan semua pesan dalam lembaran memo yang akan diletakkan di masjid baru.

"Kami mendapat bunga dan surat yang mengatakan, jangan khawatir, kami bersama Anda. Ini adalah dukungan dari tetangga kami. Cary adalah kota besar dengan komunitas yang indah," ujarnya.

Carolina Utara adalah sebuah negara bagian Amerika Serikat yang terletak di pesisir Samudra Atlantik di bagian tenggara Amerika Serikat. Negara bagian ini berbatasan dengan South Carolina dan Georgia di selatan,Tennessee di sebelah barat dan Virginia di utara. Carolina Utara mempunyai 100 kabupaten dan beribukota di Raleigh. (nat/dbs)

 


Back to Top