Buka Wawasan Santri Tentang Ilmu Sains, Pesantren Digital iHAQi Kunjungi Puspa IPTEK

gomuslim.co.id- Sebagai salah satu bentuk pembelajaran ekstra, Pesantren Digital iHAQi mengajak para santri study banding ke Puspa IPTEK Kota Baru, Parahyangan, Padalarang. Kunjungan tersebut berlangsung pada Sabtu (18/03/2017).

Staff  Pengajar Pesantren Digital, Nur mengatakan tujuan diadakannya acara tersebut sebagai wujud memperkenalkan para santri mengenai dunia teknologi IPTEK dan Sains.

“Mereka perlu study banding agar wawasan dan juga pikiran para santri lebih terbuka dengan kemajuan dan perkembangan teknologi dan sains,” ujarnya.

Tak hanya sebagai ajang pembelajaran, kunjungan ke Puspa IPTEK kemarin dijadikan sebagai ajang rekreasi para santri agar tidak jenuh dalam menjalani rutinitas kegiatan harian di Pesantren Digital. 

“Para santri sengaja kami ajak keluar untuk bermain sambil belajar agar mereka tidak jenuh dalam menjalani kegiatan yang cukup padat," sambung Nur.

Di kesempatan yang sama salah satu santri Pesantren Digital, Luki berpendapat bahwa kunjungan studi ke puspa IPTEK Kota Baru Parahyangan merupakan salah satu pengalaman yang luar biasa. Dia bisa belajar banyak mengenai sejarah perkembangan teknologi. 

“Saya sangat bersyukur bisa ikut bergabung dalam kunjungan studi ke Puspa IPTEK ini, baru pertama kali saya melihat ternyata begitu banyak sekali wahana yang menyenangkan disini. Kita bisa bermain sambil belajar mengenai perkembangan teknologi dan ilmu sains,” kata Luki.

Kendati demikian, Ustaz Erick Yusuf selaku pendiri Pesantren Digital juga turut mengapresiasi kegiatan ini. Dia berharap agar kedepannya kegiatan-kegiatan seperti ini rutin dilakukan agar wawasan para santri semakin terbuka dengan perkembangan zaman dan tekonologi.

“Alhamdulillah kunjungan studi Pesantren Digital iHAQi ke Puspa IPTEK berjalan dengan lancar, ini semua berkat doa dan support dari berbagai pihak serta donatur yang telah membantu kegiatan Pesantren Digital iHAQi. Semoga Allah SWT membalas dan melipatgandakan semua kebaikan dan juga rezeki kepada kita semua, Aamiin," pungkas Ustadz Erick.

iHAQi adalah untuk sebuah wadah dakwah yang terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung, yang punya visi dan misi yang sama, yang selalu mengambil intisari dari kebaikan dan memolesnya dengan baik dan rasa kasih sayang. Cara-cara syiarnya pun beragam, tidak hanya bertausiyah di atas mimbar di depan para jamaah, namun iHAQi juga membidik anak muda dengan beragam kegiatan, seperti  training multimedia, pembuatan t-shirt dakwah, program-program di car free day, dakwah on the streeturban care, youth spirit dan lainnya.

Selain kurikulum pesantren seperti kelas pengajian Alquran dan tahfidz, para santri yang setingkat sekolah menengah pertama ini juga diberi wawasan tentang bagaimana ilmu-ilmu pendukung, seperti broadcasting, public speaking, editing digital media, dan lainnya demi mempersiapkan mereka untuk terjun dakwah via digital media kepada masyarakat. (nat/dbs)

 


Back to Top