Kemenag Akan Bangun Asrama Haji di Tanah Hibah Pemrov Riau

gomuslim.co.id- Ibadah haji merupakan dambaan setiap muslim di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Dengan populasi muslim yang paling besar di dunia, kebutuhan dari para jamaah haji pun semakin besar. Hal ini termasuk dalam persiapan penyelenggaraan ibadah haji di Tanah Air.

Baru-baru ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menghibahkan barang milik daerah berupa tanah kepada Kementerian Agama untuk dijadikan asrama haji. Proses hibah tersebut diresmikan melalui Penandatanganan Berita Serah Terima Barang Milik Daerah dari Pemerintah Provinsi Riau kepada Kementerian Agama.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menandatangani berita acara tersebut di Kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta, Rabu (22/03/2017). Selanjutnya, di atas tanah tersebut akan dibangun asrama haji sebagai embarkasi dengan tahap pertama sebagai embarkasi antara.

Dasar hibah adalah Surat Gubernur Riau Nomor 032/BPKAD/4504a tanggal 24 Februari 2017 perihal Persetujuan HIbah Barang Milik Daerah Pemerintah Provinsi Riau di Jalan Citra Labersa Pekanbaru. Adapun obyek yang dihibahkan yaitu, tanah seluas 40.000m2 di Jalan Citra Labersa Pekanbaru Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru dengan sertipikat tanah nomor 52 tanggal 30 Mei 2013 atas nama Pemerintah Provinsi Riau dengan nilai perolehan Rp13.840.772.350,00.

Gubernur Riau dalam sambutannya menyampaikan bahwa masyarakat Riau berharap di atas tanah tersebut selanjutnya dibangun embarkasi haji bagi jemaah haji Riau, meskipun untuk tahapan pertama menjadi embarkasi antara terlebih dahulu.

"Kami berharap selanjutnya dibangun embarkasi haji untuk melayani jemaah haji Provinsi Riau yang berjumlah 5.030 orang, dengan tahapan pertama menjadi embarkasi antara. Kita sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait, seperti Imigrasi, Angkasa Pura, dan tahun 2018 nanti, kita sudah siap jika menjadi embarkasi penuh," ujar Gubernur.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Agama menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Provinsi Riau yang telah menghibahkan tanahnya kepada Kementerian Agama. Menag mengatakan, dengan hibah ini, akan memudahkan Kementerian Agama dalam mewujudkan harapan masyarakat Riau memiliki asrama haji sekaligus diharapkan menjadi embarkasi haji dengan status embarkasi antara.

"Kita bersyukur atas proses hibah tanah dari pemerintah provinsi Riau kepada Kementerian Agama, karena ini memudahkan Kemenag merealisasikan harapan masyarakat Riau memiliki asrama haji, sekaligus sebagai embarkasi haji antara," kata Menag.

Pembangunan asrama haji tersebut, kata Menag, pembiayaannya diharapkan bisa melalui dana yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara(SBSN) dan juga APBD Provinsi Riau.

Setelah penandatanganan hibah tersebut, selanjutnya dilakukan penyerahan aset hibah tersebut dari Sekjen Kemenag Nur Syam kepada Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Riau Ahmad Supardi untuk memproses sertipikasinya atas nama Pemerintah Republik Indonesia c.q. Kementerian Agama dengan melakukan penginputan aset tanah di maksud ke dalam aplikasi SIMAK BMN.

Tampak hadir selain Sekjen, Sekda Pemrov Riau Ahmad Hijazi, sejumlah pejabat eselon II Kementeria Agama dan pejabat di lingkungan Pemrov Riau. (njs/kemenag/dbs)


Back to Top