Sarana Multi Infrastruktur Bentuk Unit Usaha Syariah

gomuslim.co.id- Perkembangan industri kian menampilkan label syariah sebagai salah satu keunggulan yang sesuai syariat Islam. Sebut saja PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI yang secara resmi meluncurkan Unit Usaha Syariah (UUS) pada Rabu (22/03/2017).

Direktur Utama Sarana Multi Infrastruktur, Emma Sri Martini mengatakan dengan adanya unit ini diharapkan dapat mendorong kinerja perseroan dari aspek permodalan. Selain mendorong permodalan, adanya unit usaha syariah ini bisa memfasilitasi investor yang mencari produk syariah.

“Dengan hadirnya UUS, para investor dapat memiliki beragam pilihan produk baik syariah maupun konvensional,” ujar Emma.

Pihaknya secara inisiatif mendirikan unit usaha syariah untuk tapping dana syariah terkait penguatan modal. Dan tapping dana investor yang memiliki aset berbasis syariah. “Market ada dan ini akan melengkapi produk konvensional yang sudah ada di market," katanya.

Dikatakannya pasar syariah merupakan pasar yang potensial untuk digarap. Pasalnya, pasarnya relatif kecil. "Kalau kita lihat pasar syariah kecil sekitar di bawah 3 persen. Ini kita lihat peluangnya masih besar ke depannya," sambung Emma.

Untuk diketahui, pengembangan produk pembiayaan syariah melalui pembentukan UUS secara resmi disetujui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 21 April 2016. Sebagai tahap awal, perseroan akan mengenalkan beberapa produk saja seperti musyarakah dan mudharabah.

Dengan menjalankan bisnis syariah ini, diharapkan dapat menghimpun dana syariah jangka panjang dalam lingkup domestik maupun internasional seperti dana asuransi syariah, dana pasar modal syariah, dana haji, dana BPJS, dan lain sebagainya. 

Selain itu, SMI juga menyediakan opsi-opsi pembiayaan dan investasi yang sesuai dengan kebutuhan sesuai prinsip syariah. Beberapa produk pembiayaan syariah antara lain Ijarah Muntahiyah Bittamlik atau Pembiayaan Berbasis Sewa Menyewa.

Kemudian, Sarana Multi Infrastruktur juga menyediakan pembiayaan syariah dengan skema Murabahah  atau Pembiayaan Berbasis Jual Beli. Di luar itu juga ada Musyarakah Mutanaqisah atau Kemitraan Dengan Aset Kepemilikan yang Menurun.

Unit Usaha Syariah adalah unit kerja di kantor pusat bank umum konvensional yang berfungsi sebagai kantor induk dari kantor cabang syariah dan atau unit syariah, atau unit kerja di kantor cabang bank asing konvensional yang berfungsi sebagai kantor induk dari kantor cabang pembantu syariah dan atau unit syariah.

Sedangkan PT SMI sendiri memiliki peran aktif dalam pembiayaan infrastruktur Indonesia dan membantu persiapan proyek infrastruktur, baik yang dilakukan melalui layanan  konsultasi maupun pengembangan proyek  bagi proyek-proyek infrastruktur di Indonesia.

PT SMI memiliki mandat untuk mendukung percepatan pengembangan infrastruktur, dengan fokus Program Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) yang mengikutsertakan berbagai institusi keuangan, baik swasta maupun multilateral. (nat/dbs)

 

 

 


Back to Top