Tumbuh Pesat, Produk Investasi Emas Bank Mandiri Syariah Jadi Primadona Masyarakat Solo

gomuslim.co.id- Industri perbankan syariah kian gencar mendekati pasar dengan produk unggulannya. Salah satunya produk investasi emas yang menjadi andalan Bank Syariah Mandiri (BSM). Terbaru BSM Solo mencatat pertumbuhan hingga 138 persen dari produk investasi emas sejak diluncurkan pada Juli 2016 lalu.

Menurut Area Retail Banking Manager Bank Syariah Mandiri (BSM) Solo Y. Prasetyo, produk investasi emas di BSM ini masih berusia muda. “Saat awal diluncurkan, BSM Solo menargetkan adanya transaksi sebesar Rp 20 miliar dalam rentang waktu 12 bulan. Namun hingga bulan Maret 2017, dan belum genap 12 bulan, transaksi mengalami kenaikan dari target awal hingga 138 persen,” paparnya.

Prasetyo menambahkan dengan realisasi tersebut, produk Investasi emas terbukti telah berhasil mengambil hati masyarakat Solo. “Maka dari itu ke depan harapannya program investasi emas BSM ini dapat menyasar lapisan masyarakat, untuk membantu perencanaan keuangan juga. Selain itu investasi emas juga lebih menguntungkan, trade emas selalu naik setiap tahunnya, risiko kecil, mudah diuangkan atau liquid,” katanya.

Lebih lanjut, dia menuturkan keberadaan program ini sekaligus untuk melawan produk investasi emas dari isu investasi emas bodong. Prestyo pun mengakui banyaknya kasus investasi emas bodong yang merugikan masyarakat menjadi tantangan tersendiri bagi BSM. Adapun produk investasi emas yang dimiliki BSM sudah di bawah pengawasan regulator yakni Bank Indonesia (BI) Solo serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Surakarta.

“Maka dari itu kami semakin mantap menyosialisasikan program ini kepada masyarakat, sekaligus untuk mengcounter diri (melawan) dari isu investasi emas bodong di mana masyarakat sudah banyak yang terugikan. Sudah memberikan sejumlah uang tetapi emasnya tidak ada,” ujarnya.

Sementara itu, Pawning Officer BSM Solo, Gianti Citraresmi mengungkapkan BSM kini memiliki 2 produk investasi emas, yakni cicil emas dan gadai emas. Cicil Emas akan membantu masyarakat untuk memiliki emas sekaligus berinvestasi, sedangkan gadai emas dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dana.

“Produk cicil emas sendiri menjadi primadona, masyarakat sudah mulai teredukasi akan pentingnya perencanaan keuangan berbasis emas. Jadi sekarang nasabah sudah mulai banyak menabung dalam bentuk emas,” terangnya.

Program Cicil Emas di BSM sangat gampang dan murah. Dengan uang muka (DP)  Rp 1 juta, angsuran per hari hanya Rp 6.500 untuk emas 10 gram, syarat cukup membawa KTP saja, dan harga emas pun terupdate setiap harinya.

Di tempat berbeda, Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Cirebon Cipto mengajak nasabah terpilih dalam gelaran gathering nasabah bertema “Mangan Bari BSM Emas Yuk” di Swiss Belhotel Cirebon beberapa waktu lalu.

Dalam acara rutin itu, BSM menginformasikan produk gadai dan cicil emas sekaligus mengedukasi tentang kelebihan memiliki emas beserta nilai dan karakteristiknya. “Masyarakat harus paham merencanakan keuangan yang baik dan benar. Mudah, murah dan liquid,” ujar Area Pawning Manager BSM Dzally Ahliya Nasir.

Dzally mengatakan, BSM ingin semua bisa memiliki emas, salah satunya melalui produk cicil emas BSM. Karena memang bertujuan untuk memfasilitasi pembiayaan kepemilikan emas untuk seluruh masyarakat. Cukup siapkan uang muka 20 persen dari harga emas yang nasabah pilih. Jangka waktunya minimal 1-5 tahun. (njs/dbs)

 

 


Back to Top