Dukung Wisata Halal, Floating Market Lembang Siapkan Lahan untuk Bangun Muslim Resort

gomuslim.co.id- Perkembangan wisata halal di Indonesia kian melesat. Beberapa pihak kini mulai melirik konsep wisata yang ramah bagi turis muslim. Hal ini seiring dengan besarnya potensi yang ada dan tren wisata halal yang semakin mendunia. Apalagi pada akhir tahun 2016 lalu, Indonesia berhasil menyabet gelar penghargaan wisata halal dunia.  

Baru-baru ini, pemilik Floating Market, Lembang, Bandung Barat, Perry Tristianto mengungkapkan keinginannya untuk menggarap wisata halal. Ia mengatakan dalam dua hingga tiga tahun ke depan di lokasi wisata Floating Market terdapat Muslim resort. Bahkan, saat ini ia mengaku masih mempersiapkan dan membereskan lahan untuk rencana tersebut.

“Kita sudah mengajukan konsep wisata halal karena target market di ASEAN itu (wisata) halal. Impian saya (Floating market) menjadi Muslim resort karena kita sudah membuat hijab swiming Pool dan lain sebagainya," ujar Perry di sela-sela acara kerjasama Floating Market dengan PT Pos Indonesia, Ahad (26/03/2017).

Menurutnya, wisata halal yang saat ini sedang menjadi pembahasan dunia wisata dipastikan akan menyedot perhatian wisatawan. Adanya kunjungan Raja Arab ke Indonesia beberapa waktu lalu membuat wisatawan asal Arab banyak yang berkunjung ke Lembang. Hal ini, kata dia, menjadi potensi yang baik untuk pengembangan wisata halal.

Ia menuturkan konsep Muslim resort yang hendak dibangun olehnya adalah diantaranya dengan menyiapkan resort dan penginapan serta adanya program malam yaitu pengajian untuk anak-anak. "Yang dibutuhkan wisatawan adalah produk emosionalnya seperti apa (untuk wisatawan)," katanya.

Dia juga menambahkan saat ini wisata halal saat ini tidak hanya digerakan di negara yang mayoritas Muslim sebab di Perancis pun terdapat Halal Resort. “Wisata halal ini sudah banyak digarap oleh beberapa Negara maju yang muslimnya masih minoritas,” tambahnya.

Perry mengungkapkan saat ini di Floating Market Lembang rata rata jumlah pengunjung yang datang dalam satu bulan mencapai kurang lebih 100 ribu orang. Dimana, hari biasa bisa mencapai 3000-4000 orang sementara Sabtu dan Minggu mencapai 7000-8000.

Pada kesempatan yang sama, Sekertaris perusahaan PT Pos Indonesia, Hairul Syafudin mengatakan masyarakat yang sedang berwisata di lokasi Floating Market dapat mengabadikan kegiatan wisatanya melalui prangko prisma.

"Kami sudah siapakan layanan pembuatan prangko prisma di lokasi Floating Market Lembang, agar masyarakat dapat mengabadikan kegiatan wisatanya melalui prangko," ujar Hairul.

Tidak hanya itu, sambung Hairul, masyarakat pun dapat mengirimkan kartu pos atau surat pada mail bos yang juga sudah di siapkan PT Pos Indonesia. Masyarakat juga dapat memanfaatkan perahu wisata pada wahana wisata pos, hal itu diharapkan dapat kembali mengingatkan masyarakat untuk selalu menggunakan layanan Pos Indonesia sebagai perusahaan jasa pengiriman yang memiliki ketersebaran jaringan terluas di Indonesia maupun di luar negeri. (njs/dbs)


Back to Top