Gandeng Doku, Baznas Buka Layanan ‘One Stop Shoping for Zakat’ Via Online

gomuslim.co.id- Sebagai wujud pelayanan untuk memudahkan pembayaran zakat, infak dan sedekah secara daring. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Doku resmi melakukan kerja sama. Program ini akan lebih memudahkan para muzakki untuk menunaikan zakat dengan praktis, kapanpun dan di manapun.

Chief  Marketing Officer Doku, Himelda Renuat mengungkapkan rasa antusiasnya terhadap kerja sama ini. “ Mudah-mudahan dengan dibukanya akses donasi melalui internet banking Bank Muamalat, makin mempermudah muzakki,” ungkap Himelda.

Pihaknya berharap agar muzakki Baznas nantinya akan memiliki pilihan pembayaran yang lebih beragam lagi dan pastinya akan lebih mudah ketika hendak menyalurkan donasi.

Tak hanya itu Doku juga memberi tambahan layanan kemudahan sekaligus memperluas jangkauan pasar. Doku memiliki fasilitas layanan one stop shoping termasuk untuk keperluan membayar zakat. Dengan jumlah pengguna Doku 1,5 juta orang dengan rata-rata empat transaksi per bulan, diharapkan makin banyak masyarakat yang menunaikan zakat.

Kemudian Baznas dengan layanan aplikasi sistem pembayaran daring Doku akan memberikan fasilitas baru dalam membayar zakat melalui fasilitas daring. “Baznas ingin masyarakat mudah membayar zakatnya melalui badan atau lembaga zakat yang ada.

Direktur Baznas Arifin Purwakananta memiliki cita-cita untuk membantu LAZ, dan melayani zakat masyarakat Indonesia. Berdasarkan data tahun 2016, jumlah penghimpun zakat Indonesia melalui organisasi pengelola zakat disinyalir masih rendah, yakni Rp 5 triliun. Jumlah itu hanya satu persen dari potensi zakat di Indonesia.

“Karena itu, Baznas  terus berupaya meningkatkan layanan kemudahan bagi masyarakat untuk berzakat,” tukas Arifin.

untuk diketahui, Doku adalah penyedia solusi pembayaran elektronik lokal mendukung program pemerintah, dan Bank Indonesia dalam wujud nyata penyelenggaraan kegiatan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan kemudahan kepada pengguna uang elektronik Doku dalam melakukan transaksi di merchant offline menggunakan layanan PayByQR dari DIMO.

Berdasarkan laporan Ericsson Mobility Report, di mana penetrasi smartphone diperkirakan akan meningkat menjadi 98 persen hingga tahun 2021, Doku optimis bahwa sistem pembayaran dengan pemindaian kode QR akan terus berkembang. Apalagi sistem pembayaran ini juga menawarkan dua keunggulan, yakni faktor otentifikasi dan respon cepat. Dua hal yang disajikan PT Dimo Pay Indonesia, selaku mitra Doku, untuk sistem pembayaran PayByQR dari DIMO.

Baznas sendiri merupakan badan pengelola zakat yang dibentuk pemerintah melalui Keputusan Presiden (Kepres) No 8/2001. Baznas bertugas menghimpun dan menyalurkan Zakat Infak dan Sedekah pada tingkat nasional. Lahirnya UU No 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, mengukuhkan peran Baznas sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat nasional. Baznas sudah berdiri di 34 Provinsi dan 520 Kabupaten/ Kota. (nat/dbs)

 


Back to Top