Pembangunan Asrama Haji Bengkulu Resmi Selesai

gomuslim.co.id- Saat ini, proses pembangunan Asrama Haji Bengkulu sudah selesai. Pembangunan asrama ini menghabiskan anggaran Rp 53 miliar yang bersumber dari skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Kepala Bidang Haji dan Umroh, Zahdi Taher, Rabu (29/03), mengatakan  pembangunan Asrama Haji Bengkulu telah selesai dikerjakan dengan memakan waktu 8,5 Bulan.

Menurut Zahdi, gedung asrama haji Bengkulu ini terdiri dari 4 (empat) lantai. Fasilitas di dalamnya terdiri dari 90 kamar superior, 4 kamar deluxe, 2 kamar suite, 2 ruang rapat kapasitas 35 orang dan 1 ruang rapat kapasitas 45 orang. Gedung juga sudah difasilitasi dengan berbagai interior ruangan yang siap untuk digunakan.

Dengan fasilitas tersebut, Asrama Haji Bengkulu diharapkan akan mampu menampung 455 jamaah haji atau 1 (satu) kloter. Gedung ini juga dilengkapi sarana pendukung lainnya yaitu lahan parkir untuk 80 unit mobil dan 150 unit motor.

"Kita harus berbangga hati, karena Asrama Haji Bengkulu merupakan salah satu icon pembangunan di Provinsi Bengkulu," katanya.

Proyek revitalisasi Asrama Haji Bengkulu merupakan program Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI sebagai upaya untuk meningkatkan kenyamanan para calon jemaah haji sebelum berangkat ke Arab Saudi

Seperti diketahui, Asrama haji saat ini berfungsi sebagai asrama haji embarkasi, yaitu asrama yang berfungsi untuk melayani calon jamaah haji dari proses awal sampai keberangkatan dan kepulangan melalui bandara haji. Jumlah asrama haji embarkasi sebanyak 13, termasuk dua asrama haji yaitu di Gorontalo dan Mataram.

Adapun, asrama haji provinsi adalah asrama haji yang berfungsi untuk melayani jamaah haji dari lingkungan wilayah provinsi guna diberangkatkan ke tanah suci melalui asrama haji embarkasi. Di seluruh provinsi telah dibangun asrama haji provinsi, kecuali Sulawesi Barat yang saat ini sedang dalam proses pembangunan.

Sedangkan, asrama haji kabupaten adalah asrama haji yang berfungsi untuk melayani jamaah haji dari wilayah kabupaen guna diberangkatkan ke tanah suci melalui asrama haji provinsi dan asrama haji embarkasi. Untuk sementara ini, belum seluruh kabupaten memiliki asrama haji. (fau/kemenag)

 

 

 

 


Back to Top