‘My Outlets’ Dukung Singapura Jadi Pusat Halal Global

gomuslim.co.id- My Outlets sebuah penyedia layanan pemasok produk halal bagi perusahaan makanan ingin menjadikan Singapura sebagai tujuan global untuk produk halal. Mereka membantu Usaha Kecil dan Menengah dengan harapan pengembangan industri makanan halal.

Berupa Value Halal Supply Chain Platform yang didirikan pada tahun 2013. Layanan ini bertujuan mengembangkan, mempromosikan, mendistribusikan, serta melakukan globalisasi produk dari Usaha Kecil dan Menengah yang ada dalam industri makanan. Hal ini dilakukan agar industri makanan halal meluas dan berkembang. 

Salah satu langkah untuk mewujudkan harapan besar terkait pengembangan halal, CEO Malek Mattar menjalin kemitraan luar negeri melalui penggunaan teknologi. Pada situs www.globalhalalhub.com.sg berbagai produk makanan halal bisa dibeli termasuk produk Jepang.

Sementara itu, My Outlets kini tengah bekerjasama dengan Malaysia yang sudah memiliki industri makanan halal besar. Sementara di Jepang, mereka ikut memberi masukan pada manufaktur makanan setempat yang tertarik masuk ke sektor halal, hal ini disampaikannya seperti dilansir dari publikasi The Straits Times

Selain layanan tersebut, My Outlets juga memiliki supermarket yang sepenuhnya diisi produk halal. Di Singapura, supermarket bernama My Outlets Global Halal Hub berdiri di Primz Bizhub, Woodlands Close.

 

 

Salah satu pihak My Outlets, Malek Mattar mengatakan bahwa melalui supermarket, pihaknya turut menyediakan platform berbentuk fisik bagi perusahaan kecil menjual produk mereka, memberi eksposur dan kesempatan untuk tumbuh secara lokal. Beberapa dari mereka mungkin menganggap sulit untuk menempatkan produk di supermarket besar, jadi pihaknya memberi mereka tempat.

Pada November lalu ekspansi supermarket juga dilakukan di China. Ditandai denagn kemunculan supermarket EFH My Outlets di Dongguan, China. Tahun ini mereka berencana membuka lebih banyak lagi cabang di China. Terutama kota di bagian barat China yang memiliki populasi Muslim lebih besar.

Bahkan di Jepang, My Outlets sudah beroperasi selama satu tahun. Mereka membawa 20 sampai 30 produk halal yang diekspor perusahaan Jepang. Beberapa perusahaan di sana meminta masukan produk yang diterima pasar atau tidak.

Berkenaan akan hal itu, mereka juga mulai bekerjasama dengan perusahaan Korea terkait kosmetik halal. Produk tidak memakai bahan dari hewan.

Malek mengaku industri halal memang mengalami pertumbuhan pesat. Untuk permintaan makanan halal global diharapkan bisa mencapai USD 2,1 trilyun tahun 2016. Hal ini dianggap Malek sebagai titik cerah bagi Singapura.

"Kita bisa menjadi bagian dari rantai pasokan produk halal dan menempatkan Singapura pada peta halal,” ujar Malek. Pihaknya berharap agar Singapura dapat ditetapkan sebagai pintu gerbang bagi produk halal, sebuah pusat halal global (global halal hub). Jika dapat terwujud ini bisa menjadi pilar pertumbuhan selanjutnya untuk Singapura. (nat/dbs)


Back to Top