Produsen dan Distributor Unggas di Yunani Tingkatkan Produksi Daging Halal

gomuslim.co.id- Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia untuk keberlangsungan hidup. Bagi muslim, mengonsumsi makanan dan minuman halal adalah hal wajib sesuai dengan syariat yang telah ditetapkan. Salah satu produk halal yang sering menjadi konsumsi beberapa muslim adalah daging.  

Baru-baru ini, peningkatan produksi daging halal terjadi di beberapa Negara di Eropa, salah satunya Yunani. Peningkatan ini terjadi seiring dengan jumlah imigran Muslim yang terus berdatangan ke negara tersebut. Selain itu, kebutuhan untuk memenuhi pasar halal pun terus meningkat.

Konsumsi daging halal ini tidak hanya dilakukan oleh kalangan Muslim. Bahkan, banyak warga Yunani tidak menyadari bahwa mereka sedang mengonsumsi daging halal. Hal ini juga menjadi penyebab meningkatnya konsumsi daging halal di Yunani.

Salah satu produsen dan distributor unggas di daerah Xanthi memproduksi hingga setengah juta ayam dalam seminggu. Produsen menghasilkan daging ayam halal sejak 2003.

“Di Yunani terdapat sebuah organisasi sertifikasi daging halal yang bernama Pusat Sertifikasi Halal Eropa. Selain itu juga terdapat anggota Dewan Halal Dunia. Keberadaan organisasi ini diakui oleh pemerintah Yunani dan diawasi oleh kantor Mufti dari Komotini,” demikian sebagaimana dilansir dari publikasi greece.greekreporter.

Tidak ada angka yang pasti terkait jumlah muslim yang berada di Yunani. Namun, diperkirakan jumlah Muslim di Yunani sekitar 370 ribu atau 3,5 persen dari populasi. Sebagian besar mereka berasal dari Albania. Namun, komunitas Muslim adat di Thrace berjumlah sekitar 120 ribu orang.

Populasi Muslim di Yunani tidak homogen, karena terdiri dari latar belakang etnis, bahasa dan sosial yang berbeda. Para imigran Muslim pertama di Yunani berasal dari Mesir. Mereka tiba di awal 1950-an dan terkonsentrasi di dua pusat perkotaan utama negara,yaitu  Athena dan Thessaloniki. Sejak 1990, telah terjadi peningkatan jumlah imigran Muslim ilegal dari berbagai negara di Timur Tengah, Afrika Utara, serta dari Afghanistan, Pakistan, India, Bangladesh dan Somalia.

Selain di Yunani, kebutuhan daging halal pun meningkat di beberapa Negara lainnya. Salah satunya di Inggris dan Amerika Serikat. Sebuah organisasi di Inggris, Agriculture and Horticulture Development Board (AHDB) Beef & Lamb beberapa waktu lalu menggelar  seminar tentang potensi pengembangan standar jaminan halal untuk produk daging domba.

AHDB saat ini sedang mempertimbangkan untuk memperkenalkan standar jaminan halal untuk pengolahan daging domba baik dengan teknik pemotongan modern maupun  tradisional. Lebih dari 80 delegasi menghadiri seminar ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang kesempatan yang ditawarkan pasar pada bidang industri daging halal.

Sementara itu, perusahaan produsen daging Maine, Amerika Serikat juga memproduksi daging halal. Hal tersebut dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan jumlah muslim yang terus berkembang di wilayah tersebut. (njs/greecegreekreporter/dbs)


Back to Top