Kisahkan Pendidikan di Pesantren, Film Da'wah Diputar Perdana di London

gomuslim.co.id- Keberagaman Islam di Indonesia rupanya menarik perhatian sutradara asal Italia, Italo Spinelli. Dia menuangkannya dalam sebuah film berjudul Da'wah dan kota London akan menjadi lokasi perdana pemutaran film tersebut.

Produser Eksekutif Film Da'wah, Sapta Nirwandar menuturkan pemutaran perdana film tersebut akan dilangsungkan di bioskop Curzon Soho, London, pada Jumat (31/03/2017) malam waktu setempat. Selain mengundang komunitas Muslim, pemutaran perdana film tersebut juga akan menghadirkan komunitas agama lain dan beberapa tokoh masyarakat London.

Untuk mendapatkan dukungan dari komunitas Muslim di London, Sapta beserta tim dari Indonesia Halal Lifestyle Center, pada Rabu (29/03/2017) turut mengunjungi Islamic Cultural Center London. Sementara itu kunjungan diterima langsung oleh Direktur Jenderal Islamic Culturan Center London, Ahmad Al Dubayan. Di kesempatan itu Sapta menyampaikan rencananya untuk menggelar premier film Da'wah di London.

"Film ini merupakan film dokumenter yang menceritakan keindahan pendidikan di pesantren, konten dari film ini merupakan bagian dari upaya menampilkan wajah Islam yang sangat menawan,” ujarnya.

Ahmad Al Dubyan pun menyatakan ketertarikan untuk hadir dalam pemutaran perdana film tersebut. Bahkan ia menyatakan siap untuk menjelaskan kepada masyarakat London mengenai pesantren dan Islam di Indonesia. 

Film tersebut juga mendapatkan dukungan dari Indonesia Halal Lifestyle Center yang dipimpin Sapta. Rencananya film tersebut akan diikutkan berbagai festival film dunia.

Di kesempatan yang berbeda KH. Ma’ruf Amin, menilai Islam yang moderat itu ada di Indonesia. “Saya mendukung upaya ini, yakni upaya pembuatan film yang mengkampanyekan Islam moderat ala Islam Nusantara,” ujar KH. Ma’ruf.

Ma’aruf menambahkan tentu dengan upaya film akan sangat membanggakan. “Inilah dunia pesantren dan NU memang dari pesantren. Pesantren menyiapkan tokoh tokoh, yang akan menyebarkan kebaikan di masyarakat, juga mengambil peran memperbaiki keadaan negara,” papar KH Ma’ruf.

Film Da’wah didukung penuh garapannya oleh PBNU agar dapat menjadi film yang menebarkan Islam Rahmatan Lil Alamin bagi seluruh dunia. Film ini mengisahkan kehidupan pesantren dengan cita-cita dakwahnya, dikemas dalam bentuk film dokumenter. Film ini sangat mengesankan dengan mengambil latar tempat di Pondok Pesantren Bangil Pasuruan, Jawa Timur dan beberapa daerah di Indonesia. (nat/dbs)

 


Back to Top