Gaet Matahari Mall, Dompet Dhuafa Ajak Masyarakat Berinfak via Kasir

gomuslim.co.id- Kini ada beragam cara dilakukan untuk menghimpun dana infak. Salah satunya melalui Program Infak via Kasir Dompet Dhuafa. PR & Corporate Communications Director Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) Danny Kojongian yang merupakan mitra Dompet Dhuafa mengatakan bukan hanya uang receh namun sudah dikembangkan. Sisa belanja akan dibulatkan dan digesek secara bulat.

“Kini kasir-kasir MPPA akan selalu menawarkan pelanggan menginfakkan sisa belanjanya. Langkah itu dilakukan karena sebagian besar pembayaran dilakukan secara non tunai, dan tinggal sekitar 15 persen saja yang masih tunai,” ungkap Danny.

Kemudian, dana yang terkumpul dari infak itu telah memiliki dampak besar, terutama untuk membantu perbaikan fasilitas-fasilitas sekolah maupun madrasah. Bantuan itu diberikan kepada sekolah dan madrasah tidak cuma di Jakarta tapi seluruh Indonesia.

"Selama 12 tahun bekerjasama, program ini telah berhasil menghimpun dana sebesar 11 miliar rupiah," katanya.

Sejak diluncurkan tahun 2006, program Infak via Kasir memudahkan masyarakat dalam beramal sambil belanja. Tema Infak via Kasir kali ini mengajak pelanggan mendukung pentingnya program pemberdayaan ekonomi dan pendidikan di Indonesia. Program infak yang berjalan mulai 1 April 2017 hingga 30 Juni 2017 ini nantinya akan disalurkan untuk mendukung program pemberdayaan ekonomi perempuan dan program perbaikan sekolah di daerah Makassar dan Mataram, menyesuaikan dengan lokasi hadirnya pusat grosir modern MPPA, yakni SmartClub.

“Dalam kurun waktu 12 tahun ini, program infak ini telah berhasil menghimpun dana sebesar Rp 11 miliar, yang telah disalurkan untuk kaum dhuafa. Selain penyaluran ke program pendidikan sebagaimana tiga tahun terakhir, penyaluran donasi ke depan juga diharapkan dapat menyentuh sektor lainnya seperti pemberdayaan ekonomi dhuafa,” tukasnya.

Sementara Dayamart, adalah program pemberdayaan usaha mikro berbasis minimarket komunitas yang digulirkan Dompet Dhuafa di Padang, Sumatra Barat sejak tahun 2016. Selain kepemilikan dhuafa serta memberikan harga khusus untuk dhuafa terdaftar, Dayamart juga mendukung warung-warung kecil sekitar minimarket dalam pasokan barang dan manajemen usaha mikro.

Di tahun 2017 ini, Dompet Dhuafa menargetkan enam gerai Dayamart beroperasi di Padang. Dalam sinergi program ini, MPPA berperan sebagai salah satu mitra strategis Dompet Dhuafa dalam memastikan stabilnya pasokan barang bagi Dayamart.

Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi Imam Rulyawan menuturkan kerjasama program ini diharapkan mampu mendukung penyediaan sumber daya dalam program penumbuhan usaha mikro yang dilaksanakan oleh kaum perempuan. “Mengingat selain bantuan modal usaha, mereka juga membutuhkan penguatan kapasitas pengelolaan usaha,” kata Imam.

Program Infak via Kasir akan dilaksanakan di semua retail MPPA seperti Hypermart, Foodmart Primo, Foodmar Fresh, Boston, Smart Club dan FMX. Selain itu, kerjasama DD dan MPPA akan dilakukan di dua program lain Perempuan Wirausaha (Perwira) dan Dayamart. (nat/dd/dbs)

 

 


Back to Top