Negeri Jiran Kembali Gelar Pameran Produk Halal Terbesar di Asia Tahun Ini

gomuslim.co.id- Pada April 2017 mendatang, Malaysia akan menggelar sebuah Pameran Internasional Produk Halal MIHAS atau yang biasa disebut Malaysia International Halal Showcase(MIHAS)  di Kuala Lumpur Convention Centre, Kuala Lumpur pada hari Rabu sampai Sabtu, (5-8/04/ 2017).

Adapun, MIHAS merupakan pameran perdagangan produk halal tahunan selama empat hari yang digelar oleh Kementerian Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia dan Badan Pengembangan Bisnis di Luar Malaysia (MATRADE). Untuk tahun 2017 ini, MIHAS mengambil tema tentang aspek kehidupan Islam.

Direktur Utama MATRADE Mohd Shahreen dalam publikasi AhlulBayt News mengatakan konsep yang akan disajikan tidak hanya terkait makanan melainkan seperti pariwisata, busana muslim, musik, perbankan dan seni.

“Konsep ini juga mengacu pada kualitas produk, yang akan menarik pembeli dari non-Muslim,” tambahnya.

MIHAS secara luas diakui sebagai pameran halal terkemuka dan terbesar di dunia, secara teratur menarik partisipasi perdagangan dari lebih 70 negara.

Lebih lanjut, Shahreen mengatakan industri halal dapat menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan internasional dan memberikan gambaran yang jelas tentang Islam, di mana saat dulu Islam hancur oleh terorisme dan ekstremisme barat.

Ia menambahkan negara-negara Timur Tengah mendapat kesempatan untuk mempromosikan produk mereka selama acara, seperti Malaysia merupakan pusat komersial penting di ASEAN dan Asia Timur.

Sebelumnya, pada tahun 2016, MIHAS menarik lebih dari 22.000 pengunjung dan 600 peserta pameran dari lebih 70 negara, mencatat rekor penjualan senilai RM1 Miliar atau sekitar 3,025 triliun rupiah.

Untuk Indonesia sendiri akan menghadirkan Wonderful Indonesia dalam ajang ini melalui Kementrian Pariwisata (Kemenpar). Kata Menpar Arief Yahya, Wonderful Indonesia akan all out mempromosikan wisata halal kelas dunia di MIHAS 2017. Soal kualitas dan destinasi halal, ia mengaku tidak khawatir. Kualitas Indonesia terbaik di dunia, tolok ukurnya bisa dilihat dari banyaknya gelar juara dunia yang sukses disambar pada World Halal Tourism Award 2016 di Abu Dhabi. Dari 16 kategori yang dilombakan, Indonesia sukses menyambar 12 gelar juara dunia.

“Indonesia memang sangat potensial menjadi destinasi wisata halal paling unggul di dunia. Pertama, Indonesia punya keragaman destinasi dan kekayaan budaya nusantara. Dan hal semacam itu merupakan modal utama yang tidak dimiliki negara lain. Masyarakat dan industri pariwisata nasional semakin sadar terhadap perlunya pariwisata ramah wisatawan Muslim atau Muslim Friendly Tourism,” pungkas Menpar Arief Yahya.

Selain itu, potensinya pun tidak sedikit. Size pasar wisata halal sangat besar dari 6,8 miliar penduduk dunia, 1,6 miliar di antaranya adalah muslim dan 60 perden usianya di bawah 30 tahun. (fau/dbs) 

Baca juga:

‘Halal Tourism Wonderful Indonesia’ Akan Ramaikan Ajang MINHAS 2017 di Kuala Lumpur Malaysia


Back to Top