Begini Persiapan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional 2017 di Kabupaten Bangka Tengah

gomuslim.co.id- Kabupaten Bangka Tengah menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) ke-3 pada tanggal 14 sampai 20 Mei 2017 mendatang.  Kegiatan yang merupakan program dari Kementerian Agama ini telah melakukan berbagai persiapan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bangka Tengah Sugiyanto mengatakan bahwa persiapan PPMN ini sudah mendekati final. "Kami sedang melakukan persiapan maksimal untuk menyukseskan PPMN. Insya Allah, H-14 semua persiapan infrastruktur sudah siap," ujarnya usai meninjau bumi perkemahan Segantang Selawang Koba di sela-sela Rapat Koordinasi Persiapan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional, Bangka Tengah, Kamis (30/03/2017).

Rapat Koordinasi Penyelenggaraan PPMN III Tahun 2017 ini diikuti para Kabid dan Kasi Kesiswaan Kanwil Kemenag provinsi seluruh Indonesia, Andalan Kwarnas Mardani Zuhri, Ketua Kwarda Hardjono, Dewan Kerja Nasional (DKN), Dewan Kerja Daerah (DKD).

Sugiyanto menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Kementerian Agama kepada Pemkab Bangka Tengah sebagai tuan rumah PPMN III. Menurutnya, Pemkab Bangka Tengah siap menjadi tuan rumah PPMN yang akan digelar di Bumi Perkemahan Segantang Selawang Koba, Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

PPMN III akan diikuti 680 Pramuka Penegak dari Madrasah Aliyah utusan provinsi di seluruh Indonesia dan 140 peserta dari SMA di Bangka Tengah. Ketua Kwarda Bangka Belitung Hardiono mengatakan, perkemahan pramuka penegak adalah dari penegak untuk penegak. Ini melatih kemandirian. "Makanya, setiap penegak harus mendirikan tenda sendiri. Tidak boleh dibantu pembina," katanya.

Andalan Kwarnas Mardani Zuhri juga menegaskan kesiapannya untuk mendukung PPMN III 2017. Dia berharap PPMN III 2017 berjalan sukses dan berimplikasi pada penataan gugus depan di madrasah. Selain itu juga penyiapan SDM pembina gugus depan tersebut dengan beberapa pelatihan. "Saya berharap SAKA AMAL BAKTI di bawah nanungan Kementerian Agama RI bisa segera terwujud," ucapnya.

Selain membahas pesiapan, rakor PPMN III tahun 2017 juga merilis logo PPMN III, berupa perpaduan ilustrasi fauna Mentilin Khas Bangka Belitung dengan angka tiga dan logo pramuka ini dipilih sebagai logo gelaran tahun ini.

Menurut Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam M. Nur Kholis Setiawan, logo PPMN III 2017 tersebut mempunyai makna filosofis tersendiri.

“Ilustrasi fauna Mentilin menunjukkan identitas hewan khas Bangka Belitung. Ilustrasi angka 3 menunjukkan event PPMN ke-3. Sedang ilustrasi logo Pramuka Indonesia dan Pramuka Dunia menunjukkan event PPMN ini merupakan kegiatan perkemahan dalam binaan gerakan pramuka,” ungkapnya.

Pada saat bersamaan, panitia juga merilis aplikasi PPMN (http://madrasah.kemenag.go.id/ppmn/) yang diharapkan akan mempermudah informasi dan komunikasi antara panitia, peserta dan para pemangku kepentingan dalam gelaran PPMN. (njs/kemenag/dbs)

Aplikasi PPMN ini digunakan mulai dari proses pendaftaran kontingen daerah (konda), pendaftaran Pembina Kontingen Daerah (Binkonda), dan pendaftaran peserta. Selain itu, aplikasi ini juga berisi informasi keberangkatan konda serta daftar liasion officer masing-masing konda. (njs/kemenag)


Back to Top