Sambangi Kota Bandung, Ini Pesan Dr. Zakir Naik untuk Umat Islam Indonesia

gomuslim.co.id- Sebagai Negara dengan jumlah penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia, Indonesia patut bersyukur. Namun, dengan jumlah yang besar ini umat Islam Indonesia pun mempunyai tanggungjawab besar dalam mensyiarkan Islam. Berdakwah menjadi tugas wajib seorang muslim untuk memberikan kebenaran informasi tentang Islam.

Demikian disampaikan cendekiawan Muslim asal India, Dr Zakir Naik saat menyampaikan ceramah di hadapan ribuan orang yang hadir di kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Ahad (02/04/2017). Pada kesempatan tersebut, ia mengingatkan umat muslim di Indonesia soal pentingnya berdakwah.

"Media Internasional banyak memberitakan hal yang keliru tentang Islam, maka jadi sebuah kewajiban setiap muslim menyampaikan pesan tentang Islam kepada yang tidak memahaminya," ujarnya.

Zakir menuturkan salah satu cara agar dapat meyakinkan non-muslim agar tidak terpengaruh oleh berita yang tidak tepat yakni dengan cara dakwah. Dengan langkah tersebut maka segala stigma negatif tentang Islam dapat terkikis.

"Kita punya tanggung jawab, karena kita dianjurkan untuk menjalankan perintah-Nya dan menjauhi hal yang dilarang. Apabila salah, kita koreksi. Itu tugas muslim," kata dia.

Indonesia, ujarnya, memiliki jumlah penduduk dengan mayoritas muslim terbesar di dunia dan ia pun yakin Indonesia dapat menjadi kekuatan serta simbol perdamaian dunia Islam.

"Indonesia harus menjadi contoh bagi dunia Islam, apalagi dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, anda punya tanggung jawab besar," kata dia.

Saat ini negara Islam tengah terpecah oleh berbagai konflik, sehingga Islam seringkali mendapat stigma buruk. Oleh karena itu, Indonesia dengan penduduk mayoritas menganut Islam di dunia disebutnya harus menjadi titik awal bersatunya negara muslim. "Jika muslim bersatu, tidak ada yang berani menantang kita. Sayangnya kita terpecah. Saya yakin Indonesia memiliki kekuatan muslim yang kuat," kata dia.

Dia juga mengaku senang melihat secara langsung besarnya Indonesia. "Saya bahagia bisa berada di sini. Tapi kalau Anda tidak menyampaikan (tentang kebenaran) Islam kepada nonmuslim, Anda akan digantikan dengan orang lain oleh Allah," ungkapnya.

Dalam isi dakwah berbahasa Inggris, Zakir Naik banyak membahas tentang pentingnya berdakwah. Sekitar satu setengah jam lamanya Zakir Naik ceramah. Dia mengangkat tema 'Dakwah and Destruction'.

Suasana meriah saat jemaah menyambutnya. Bahkan, saat Zakir Naik berada di podium, takbir menggema di Aula Gymnasium UPI. Di bagian luar aula, ratusan jemaah ikut menyaksikan Zakir Naik melalui layar televisi yang disiapkan panitia.

Sesi tanya jawab menjadi bagian menarik dari kegiatan safari dakwah Zakir Naik. Ia memberi kesempatan kepada nonmuslim untuk menyampaikan pertanyaan. Zakir Naik melaksanakan safari dakwah di Indonesia. Selain Bandung, ia akan menyambangi daerah lainnya yaitu Yogyakarta, Ponorogo, Bekasi, dan Makassar.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher berharap kehadiran Cendekiawan Muslim asal India Dr Zakir Naik selama beberapa hari di Indonesia bisa memperkuat iman seluruh umat muslim yang ada di Indonesia.

"Kami sangat berharap bahwa kunjungan anda dapat memperkuat iman kita dan meningkatkan pengetahuan kita tentang din (agama Islam) yang indah ini," katanya.

Gubernur yang akrab disapa Aher ini juga berharap kedatangan Dr Zakir Naik juga bisa dapat memberikan sejumlah pencerahan pada isu-isu yang akan memperbaharui iman seluruh umat muslim di Indonesia. Aher secara pribadi dan atas nama masyarakat Jawa Barat merasa terhormat bisa menjamu dan menerima Dr Zakir Naik. (njs/antara/dbs)


Back to Top