Gandeng 18 Masjid, Komunitas Muslim Boston Perkenalkan Islam kepada Warga AS

gomuslim.co.id- Islamic Society of Boston di Cambridge menggandeng 18 masjid di Boston untuk mengundang masyarakat dan belajar lebih banyak tentang Islam. Acara open day yang dilakukan oleh masjid bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi publik untuk bertemu dengan tetangga Muslim mereka.

Direktur Eksekutif CAIR Massachusetts, John Robbins mengatakan pada acara kali ini pengunjung akan mendapatkan semacam tur ke masjid. Mereka akan dapat pengelanal singkat tentang Islam, seperti yang dilansir oleh publikasi Boston Globe, Senin (03/04/2017)

Selain itu, pengunjung diperbolehkan melihat secara langsung melihat umat Islam melaksanakan ibadah shalat. Walau masjid selalu terbuka untuk umum, acara yang berlangsung pada, Minggu (02/04/2017) menjadi momentum untuk penegasan masjid-masjid Massachusetts.

"Mereka adalah bagian dari struktur persemakmuran dan merupakan bagian inklusif dari komunitas ini," kata Robbins. 

Pusat Islam Wafaa AS di Everett mengatakan selama ini terjadi kesalahpahaman tentang Islam. Karena itu, umat Muslim setempat berharap dapat menunjukkan kepada masyarakat yang tinggal dengan mereka. "Kami ingin menunjukkan pada mereka bahwa kami hidup, ibadah dan bermimpi sama seperti mereka," jelas anggota Islamic Center tersebut.

Masjid yang berpartisipasi dalam open day di antaranya Pusat Budaya Masyarakat Islam Boston di Boston, Masyarakat Islam Greater Lowell di Chelmsford, ada Masjid al Ihsan di Dartmouth dan Masyarakat Islam Greater Haverhill. Sedangkan Masjid di Worcester dan Chelsea berencana membuat acara terpisah Mei mendatang.

Masjid di Boston dikenal sebagai masjid yang memiliki imam asli Amerika yang berkualitas. Pemimpin masjid di Boston terkenal karena pengurusnya berpendidikan tinggi dan profesional.

Islamic Society of Boston (ISB) adalah masjid dan budaya pusat Muslim di Cambridge, Massachusetts. ISB menawarkan program harian, mingguan dan tahunan bagi umat Islam termasuk kelas bahasa Arab dan bahasa Inggris, pada topik agama dan sekuler serta sekolah agama untuk anak-anak dan program liburan. 

Selain itu, ISB didirikan untuk melayani dua tujuan utama. Pertama, ISB bermaksud untuk membantu Muslim lokal untuk melestarikan identitas Islam mereka dan untuk mengamati kewajiban mereka sebagai Muslim. ISB tengah berusaha untuk mewujudkan jalan tengah dari moderasi yang bebas dari ekstremisme. ISB menawarkan sejumlah kegiatan untuk Muslim yang tinggal di wilayah Boston yang membantu mereka untuk membuat kontribusi positif, efektif, dan terorganisir terhadap kesejahteraan dan peningkatan lingkungan sosial dan budaya di mana mereka tinggal.

Kedua, ISB berusaha untuk bertindak sebagai sumber informasi dengan mempromosikan pandangan yang komprehensif dan seimbang dari agama Islam. Ini bermaksud untuk meningkatkan kesadaran tentang sudut pandang Islam pada isu-isu relevansi kontemporer. (nat/dbs)

 

 


Back to Top