Pasca Renovasi, Kini Masjid Easton Jamia Jadi yang Terbesar di Kota Bristol Inggris

gomuslim.co.id- Sejak pembangunan renovasi yang menghabiskan biaya 300 ribu euro. Masjid Easton Jamia menjadi yang terbesar di Kota Bristol, Inggris kian populer. Renovasi yang memakan waktu selama setahun ini berhasil membangun kubah dan dinding baru. Dari 200 jamaah di awal, sekarang masjid mampu menampung sekitar 500 jamaah, seperti dilansir dari publikasi Bristol Post, Senin (03/04/2017).

Sejak didirikan pada 1983 masjid ini memiliki jamaah yang terus tumbuh dari tahun ke tahun. Izin perencanaan pada 2015 lalu, membuat masjid yang berada di St Mard Road memperluas bangun menjadi dua lantai.

Kepala Masjid Abdul Malik mengatakan masjid baru yang memiliki kubah unik berwarna emas itu akan memberi jamaah tempat yang nyaman untuk beribadah. Ia pun mengaku takjub atas mimpi bertahun-tahun yang ternyata bisa jadi nyata.

"Ini merupakan kehormatan yang nyata untuk menyampaikan mimpi ini kepada masyarakat," ujar Malik. Dirinya merasa penting memiliki sesuatu yang kontemporer, dan itu yang membuat kubah memiliki posisi penting di masjid. Menurut Malik, ide itu telah lama ada, sehingga melihatnya sekarang benar-benar ada masih sangat menakjubkan.

"Kami memiliki komunitas Muslim besar di Bristol, ketika Anda datang ke masjid, itu seperti datang ke bagian yang berbeda dari dunia," pungkasnya.

Untuk diketahui, Masjid Bristol Jamia merupakan masjid pertama di Bristol dan saat ini menjadi yang terbesar di barat selatan Inggris. Bangunan itu dulunya sebuah gereja yang dibeli dan diubah menjadi masjid pada tahun 1968. Sejak itu telah dihiasi dengan kubah dan menara.

Masjid ini memiliki satu kubah dan satu menara. Baik pria maupun wanita diperbolehkan untuk berdoa di masjid memiliki ruang utama (kapasitas 700) dan doa aula wanita yang terpisah (kapasitas 140).  Bangunan rumah juga ruang kelas untuk anak-anak dan ruang acara untuk perayaan agama dan pertemuan lainnya. Ruang utama memiliki Suriah kayu mimbar. Masjid ini terbuka untuk semua tradisi Islam dan masyarakat non Muslim Bristol. 

Selain itu, jumlah Muslim di Bristol pun tak lebih dari 10 persen total penduduk setempat. Tidak sebanyak di London, Birmingham ataupun Manchester. Sejauh ini, belum ada sensus khusus Muslimin di Bristol. Namun diperkirakan, jumlah Muslimin di wilayah Inggris Barat Daya hanya sekitar 0,5 persen dari total penduduk 4,9 juta jiwa.  

Beberapa masjid yang berdiri di kota ini adalah Masjid Jami Bristol, Masjid Jami Easton, Masjid Jami Shah Jalal, Masjid Fishpond, Masjid Central Bristol, Masjid As-Sunnah, Masjid Al-Duha, serta Masjid Al-Baseera. Meski tak besar dan sangat sederhana, masjid-masjid tersebut secara rutin menyelenggarakan shalat lima waktu termasuk shalat Jumat. Beberapa di antara masjid tersebut tampil lengkap dengan kubah dan menara. Sejumlah masjid bahkan dibuat dari bangunan bekas gereja. (nat/bristolpost/dbs)


Back to Top