Kampanye Perdamaian, Muslimah AS Ini Luncurkan Video Musik Hip Hop ‘Hijabi Rap’

gomuslim.co.id- Seorang penyanyi Muslimah berdarah Amerika-Suriah dengan melibatkan beberaa muslimah lainnya merilis album pertama mereka berupa video musik rap bertema Hijabers (Hijabi Rap), pada Senin (03/04/2017). Lagu tersebut tentang pemberdayaan perempuan, khususnya muslimah dan juga kampanye tentang keragaman.

“Dengan alasan wilayah administrasi kami saat ini yang banyak warga berpikir negatif tentang Islam dan juga atribut (hijab) yang dikenakan muslimah, saya ingin mendapatkan lagu ini keluar ke publik secepat mungkin,” Mona Haydar, penyair Muslimah asal Suriah kepada The Huffington Post.

Lewat lagu ini, dia juga berharap bahwa seorang wanita hamil yang jelas Muslim bisa  menciptakan seni dan berbicara kebenaran, sehingga bisa menginspirasi orang dan memberitahukan tentang sukacita dan harapan.

Lagu Rap Hijabi ini resmi diluncurkan Senin lalu di akun Facebook Fanspage Mona Haydar dan sukses besar dengan 900.000 lebih viewers.

Pada lirik pembukaan lagu ini mengatakan: What that hair look like? Bet that hair look nice. Don’t that make you sweat? Don’t that feel too tight? Yo, what your hair look like? Bet your hair look nice. How long your hair is? You need to get your life.

Lagu ini mengungkapkan beberapa komentar  kebanyakan orang terhadap muslimah dengan hijab mereka.

Haydar sediri adalah muslimah yang sejak kecil tinggal  di Flint, Michigan. Dia familiar dengan  mendengarkan orang-orang seperti Mos Def, A Tribe Called Quest dan Rakim, Hyder. Karena itu, ia melihat Islam dan hip-hop bisa terjalin dalam sebuah karya.

Haydar bersyukur untuk seseorang berkulit hitam di Amerika dan dia beragama Islam yang bisa berkontribusi untuk musik hip-hop.

“Apa berkat itu adalah untuk saya bahwa saya bahkan bisa menjadi bagian kecil dari warisan yang besar dalam menciptakan budaya.  Komunitas Muslim imigran berutang begitu banyak untuk masyarakat kulit hitam, yang telahlebih dulu tinggal di sini, dengan Islam, sejak saat ketika Afrika diculik dan diperbudak di Amerika,” kata Haydar.

Selain itu, kata Haydar, ia juga tak percaya kalau musik itu dilarang dalam Islam. “Anda tidak dapat memisahkan Islam dari kegelapan atau kegelapan dari hip-hop atau hip-hop dari Islam. Saya telah mempelajari Islam dan saya seorang wanita dewasa yang percaya bahwa seni dapat mengubah dunia,” katanya. (fau/dbs)

Berikut link video musik Hijabi Rap:

https://www.facebook.com/monahaydar/videos/1335810493166667/


Back to Top