Permudah Ibadah Umrah Nasabah, Ini Produk Terbaru Adira Finance Syariah

gomuslim.co.id- Ibadah umrah merupakan dambaan setiap muslim, khususnya di Indonesia. Kebutuhan masyarakat untuk bisa menjalankan ibadah di Tanah Suci ini selalu meningkat setiap tahunnya. Peluang ini kemudian dimanfaatkan sejumlah lembaga keuangan syariah untuk membuat produk terbaru.

Baru-baru ini, Adira Finance mengembangkan produk pembiayaan baru berbasis syariah berupa paket dana Umrah. Produk penyaluran dana Umrah melalui Adira Finance Syariah tersebut memudahkan umat Islam di Indonesia untuk beribadah ke Tanah Suci.

Produk penyaluran dana yang dikhususkan untuk umat Islam ini berdasarkan prinsip Murabahah (jual beli). Adira Finance Syariah akan membiayai paket perjalanan umrah dengan mudah, cepat, dan halal. Dalam pelaksanaannya, Adira Finance Syariah menggandeng ESQ Tour & Travel untuk membimbing calon jemaah umrah.  

Direktur Utama Adira Finance Willy Suwandi Dharma meyambut positif hadirnya pembiayaan Umrah ini. Dia berharap produk pembiayaan Umrah dari Adira Finance Syariah bisa mewujudkan mimpi umat Islam di Indonesia untuk beribadah ke Tanah Suci, Makkah dan Madinah.

“Umat Islam di Indonesia kini bisa melakukan ibadah umrah tanpa khawatir biaya melalui pembiayaan Adira Finance Syariah. Mereka bisa berangkat duluan angsur belakangan,” kata Willy dalam peluncuran produk pembiayaan paket umrah Adira Finance Syariah di Restaurant Al-Jazeera Menteng, Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Konsumen yang mengajukan pembiayaan paket umrah ini akan mendapatkan berbagai keuntungan. Seperti berkesempatan mendapatkan pembiayaan dengan margin 0%. Selain itu, konsumen mendapat angsuran ringan dengan margin murah, berkesempatan mendapatkan down payment (DP) 0% alias tanpa DP, proses mudah dan cepat.

Lebih lanjut, Willy mengungkapkan melalui diversifikasi produk ini diharapkan akan memacu pembiayaan syariah perusahaan pada tahun ini. "Pembiayaan ini kami targetkan sebanyak Rp 100 miliar, kontribusinya 1,5 persen dari total portofolio pembiayaan syariah yang ditargetkan Rp 4 triliun," ungkapnya.

Willy menuturkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 29/POJK/.05/2014, ada tiga kegiatan usaha yang bisa dilakukan oleh perusahaan pembiayaan. Salah satunya adalah pembiayaan multiguna atau pembiayaan untuk pengadaan barang atau jasa yang diperlukan debitur untuk pemakaian atau konsumsi dan bukan untuk keperluan usaha (aktivitas produktif) dalam jangka waktu yang diperjanjikan. Dengan demikian, program pembiayaan umrah ini merupakan produk jasa yang dapat dibiayai oleh perusahaan multifinance.

"Produk ini akan membuat orang lebih mudah umrah. Kami optimis target tercapai," kata Willy.

Ketua Dewan Pengawas Syariah untuk Adira Finance dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI), Fathurrahman Djamil menjelaskan produk ini merupakan produk yang bagus karena dapat membantu masyarakat muslim untuk beribadah umrah. Karena umrah ibadah yang suci, jadi proses ibadahnya pun harus sesuai dengan prinsip syariah yakni murabahah.

Selain itu, secara prinsip syariah umrah diberi keleluasaan dibandingkan haji. "Untuk umrah diberi keleluasaan, boleh cicil sampai lunas. Khusus untuk haji harus punya kemampuan, sehingga kalaupun cicil harus lunas dulu baru haji cicil sampai lunas baru berangkat," kata Fathurrahman.

Dewan Pengawas Syariah Adira Finance Noor Achmad menambahkan, dengan murabahah masyarakat yang mau umrah diberi talangan terlebih dahulu oleh Adira lalu produk umrah tersebut dijual kepada jamaah dengan cara angsuran. "Dengan cara talangan itu boleh. Sekarang ini banyak yang berpenghasilan tapi sulit untuk menabung.

Dengan beli paket umrah jadi akan lebih berhati-hati untuk menyisihkan penghasilannya daripada tidak jelas habisnya," tutur Noor.

Direktur SDM dan Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi juga mengatakan konsumen bisa mengajukan pembiayaan paket umrah sejak Februari 2017. Kloter pertama ada 15 orang dan akan berangkat April ini. 

Produk pembiayaan ini sendiri sudah dapat dinikmati masyarakat di seluruh Indonesia dengan mendatangi kantor cabang Adira Finance terdekat. Untuk syarat dan ketentuannya cukup mudah, yakni dengan melengkapi persyaratan pengajuan pembiayaan yaitu KTP, KK, Keterangan Penghasilan dan dokumen penunjang lainnya. (njs/dbs)


Back to Top