Ini Tanggapan MUI Tentang Hasil Riset Islam Akan Jadi Agama Terbesar Dunia pada 2075

gomuslim.co.id- Lembaga Kajian Amerika, Pew Research Center baru-baru ini merilis hasil penelitian tentang kelahiran bayi dari keluarga muslim yang paling subur dibandingkan keluarga lainnya. Temuan ini memprediksikan bahwa Islam akan menjadi agama terbesar di dunia pada 2075.

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Hubungan Luar Negeri, K.H. Muhyiddin Junaidi, penelitian tersebut tidak mengada-ada, tetapi berdasarkan fakta di dunia barat. Ia mencontohkan di Rusia saja saat ini sudah berkembang satu dari setiap lima orang rusia itu adalah Muslim. Begitu juga halnya dengan di Australia. Jumlah Muslim di negeri Kanguru tersebut pada tahun 2048 diprediksi akan berimbang dengan jumlah non Muslim.

Kondisi tersebut, kata dia, terjadi lantaran keluarga Muslim itu selalu merawat keluarganya dengan baik dan mereka memilkki tingkat produktifitas yang lebih besar daripada keluarga non muslim. "Mereka keluarga non Muslim itu cenderung memiliki keluarga kecil atau small family, sehingga itu akan sangat berkurang jumlahnya. Karena itu seperti kasus di Rusia, sepertiga tentara Rusia itu adalah kelurga Muslim. Ini Subhanalllah yang perlu diapresiasi itu contoh sederhana di Rusia," katanya.

Sedangkan di Benua Eropa, umat Islam paling banyak adalah di Prancis yaitu kurang lebih 8 juta. Sehingga, riset yang dimuat the Guardian tersebut sesuai dengan prediksi mendiang Presiden Libya, Muammar Qadafi. "Ini seperti gambaran apa yang diprediksi oleh Presiden Qadafi dulu bahwa suatu saat Eropa akan menjadi benua yang penduduknya mayoritas Muslim," jelasnya.

Sebagai informasi, menurut analisis data yang dilakukan lembaga kajian ini, gabungan faktor keluarga muda dan tingginya tingkat kesuburan membuat bayi yang lahir di keluarga Muslim antara tahun 2030-2035 diperkirakan mencapai 225 juta, sementara bayi yang lahir dari orang tua Kristen sekitar 224 juta. Pada periode 2055-2060, bayi yang lahir di keluarga Muslim 232 juta, sementara di keluarga Kristen angkanya 226 juta.

Data tahun 2015 memperlihatkan, dari 7,3 miliar penduduk dunia, sekitar sepertiganya memeluk Kristen (31%). Muslim menduduki proporsi terbesar kedua dengan 1,8 miliar atau setara dengan 24% dari populasi global. Antara 2015-2060, jumlah penduduk dunia diperkirakan meningkat 32% menjadi 9,6 miliar jiwa. Selama periode ini, jumlah penduduk Muslim meningkat pesat dengan bertambah 70%.

Saat ini, sebagian besar Muslim tinggal di kawasan Asia dan Pasifik, seperti di Indonesia, India, Pakistan, Bangladesh, Iran, dan Turki. Indonesia memegang predikat sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, tapi predikat tersebut akan diambil alih oleh India pada 2050, kata tim peneliti Pew.

Konsentrasi penduduk Muslim akan beralih dari kawasan Asia dan Pasifik ke Afrika dalam beberapa dekade ke depan. Secara khusus, pertambahan penduduk Muslim terjadi di kawasan Afrika Sub-Sahara, yang disebabkan oleh tingginya tingkat kesuburan. Pada 2040, kenaikan alamiah penduduk Muslim di Afrika Sub-Sahara lebih tinggi dari Asia. (njs/dbs)


Back to Top