Targetkan Revitalisasi Seluruh Asrama Haji, Menag Resmikan Gedung Jabal Rahmah Embarkasi Haji Banjarmasin

gomuslim.co.id- Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan akselerasi perbaikan penyelenggaraan haji. Setelah meresmikan tiga wisma baru asrama haji di Makassar beberapa waktu lalu, kali ini Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Gedung Jabal Rahmah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Senin (10/04/2017).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita pada pintu masuk gedung. Dalam sambutannya, Menag menuturkan perbaikan dari sisi manasik sebagai upaya mengantarkan jemaah haji mencapai kemabruran. Sedangkan perbaikan pada sisi kualitas penyelenggaraan dilakukan karena memang menjadi hak setiap calon jemaah untuk mendapatkan fasilitas layanan terbaik.

"Khusus asrama haji, sejak 2014 lalu kita menggunakan skema anggaran SBSN untuk melakukan revitalisasi asrama haji lebih baik lagi. Ini jadi skala prioritas kita. Targetnya, seluruh asrama haji di tanah air dilakukan revitalisasi dan standardnya adalah hotel bintang tiga,” paparnya.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil melaporkan bahwa revitalisasi asrama haji sudah dilaksanakan sejak 2014. Pada tahun pertama, revitalisasi dilakukan di asrama haji Medan, Balikpapan, Padang, dan DKI Jakarta. "Saat itu, ditopang anggaran SBSN sebesar lebih Rp196 miliar," ujarnya.

Proses revitaliasi ini terus berlangsung sampai 2017. Menurut Abdul Djamil, sampai saat ini sudah ada 22 asrama haji yang direvitalisasi, baik embarkasi utama maupun embarkasi antara. "Tahun ini, revitalisasi akan kembali dilakukan di 13 asrama haji, termasuk embarkasi antara yang ada di di Babel, Ternate dan Papua. Ini komitmen kita untuk tidak saja merevitalisasi asrama haji utama, tapi juga embarkasi antara," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Resnawan mengapresiasi peningkatan kualitas layanan haji ini. Menurutnya, keberadaan asrama ini menunjukkan komitmen Kemenag untuk memberi layanan terbaik kepada jemaah haji. "Keberadaan gedung, bentuk perhatian dari Kementerian Agama terhadap masyarakat Kalsel," katanya.

Usai meresmikan Gedung Jabal Rahmah, Menag bersama Wagub dan Kakanwil Kemenag Provinsi Kalsel Noor Fahmi meninjau fasilitas layanan gedung, mulai dari kamar mandi, tempat tidur, ruang makan, dan langsung mencoba fasilitas lift yang ada. Peresmian ditutup dengan penanaman pohon Ulin di halaman asrama haji embarkasi haji Banjarmasin.

Sebelumnya, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin Faisal berharap keberadaan gedung baru ini akan meningkatkan kualitas layanan sekaligus membantu mewujudkan visi pengelolaan Asrama Haji yang handal dalam pelayanan terhadap jemaah haji dan masyarakat.

Selain Jabal Rahmah, UPT Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin dilengkapi dengan sejumlah gedung 10 gedung asrama lainnya, yaitu: VIP Marwah (8 kamar), Madinah (18 kamar), Mina (18 kamar), Bir Ali (18 kamar), Muzdalifah (18 kamar), Arafah (18 kamar), Shafa (18 kamar), Tanim (18 kamar), Aziziyah (16 kamar), dan Sai (15 kamar).

Asrama haji seluas 75.717 meter persegi ini juga dilengkapi dengan Masjid Syahrazza Muhtadin, dua aula, poliklinik, gedung bank, dua ruang katering, dan satu ruang sekretariat UPT. "Kuota haji Kalimantan Selatan tahun ini sebanyak 3.831, terdiri dari 3.799 jemaah dan 32 Tim Petugas Haji Daerah," ucapnya.

Sebagai informasi, Gedung Jabal Rahmah asrama haji embarkasi haji Banjarmasin dibangun pada tahun 2016 dengan skema anggaran SBSN sebesar lebih dari Rp61 miliar. Gedung empat lantai ini dilengkapi dengan 63 kamar, untuk kapasitas 252 orang. Selain itu, ada juga 5 ruang pertemuan, 2 ruang kantor, dan dapur. (njs/kemenag/dbs)

 

 


Back to Top