Pakistan Bentuk Lembaga Khusus untuk Kembangkan Produk Halal di Pasar Global

gomuslim.co.id- Perkembangan produk halal global di Pakistan kian meningkat. Karena itu, Pakistan terus mengembangkan pasar produk halal global dan memenuhi permintaan kebutuhan lokal. Guna mendukung respon tersebut, Pakistan membuat Badan Pengembangan Halal Punjab (PHDA).

Menteri Pengembangan Peternakan dan Susu, Asif Saeed Minhais mengatakan PHDA merupakan langkah awal untuk mengembangkan dan membantu produksi pangan halal Pakistan memasuki pasar halal global dan memenuhi permintaan lokal.

“Saat ini, nilai transaksi pasar halal global mencapai dua triliun dolar AS. Dari jumlah itu, 700 miliar dolar AS berasal dari barang yang diperdagangkan umat Muslim,” ujar Asif, seperti yang dilansir dari publikasi Pakistan Today, Selasa (11/04/2017).

Dia menambahkan bahwa belakangan ini banyak negara-negara non Muslim yang mengekspor barang-barang halal seperti Brazil, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Prancis, Thailand dan India. 

Menurutnya, Pakistan hanya perlu pangsa pasar kecil untuk ikut bersaing dalam ekspor barang halal. Ini karena secara nasional otoritas hukum halal belum diakui.

Dengan diselenggarakannya konferensi internasional PHDA, pihaknya berharap dapat menyediakan wadah bagi produsen, manufaktur dan pedagang makanan halal membangun hubungan business to business. PHDA juga diharapkan dapat menjadi wadah yang memperlihatkan potensi Pakistan dalam menyediakan makanan halal di dunia internasional sehingga dapat meningkatkan ekspor produk Pakistan.

Sebagian besar dari populasi penduduk di Pakistan adalah Muslim,  mereka menjadi anggota OKI dan Federasi Islam. Pakistan adalah produsen beras terbesar keempat di dunia, produsen susu terbesar kelima, produsen gandum terbesar keempat dan kelima terbesar pemasok ternak dunia.

Ada sekitar 50 perusahaan ekspor internasional yang bersertifikat Halal dan merupakan aspek penting dari portofolio perdagangan Pakistan. Ada rumah penyembelihan hewan Halal milik negara yang telah mengekspor hingga ke pasar Timur Tengah yang mana sudah mengikuti standar internasional manufaktur dan kelayakan.

Ulama Syariah dan sekolah memiliki pengikut publik yang besar, daerah yang terkenal termasuk ‘Banoria kota Masjid’, ‘Madni Masjid’ dan ‘Raiwind Markaz’ yang berkontribusi jauh ke dalam lingkungan Islam Pakistan. Mereka terkenal dan sangat dihormati di dunia Islam.

Sedangkan Standar dan Pengendalian Mutu Authority (PSQCA) Pakistan adalah Standar Pengembangan Makanan dari Departemen Ilmu & Teknologi, Pakistan. Dewan Akreditasi Nasional Pakistan (PNAC) adalah badan Akreditasi Nasional dari Departemen Ilmu & Teknologi, Pakistan.

Dewan Scientific & Industrial Research (PCSIR) Pakistan adalah Lab pengujian dan penelitian Terakreditasi yang melayani makanan halal di Pakistan. Departemen Peternakan dan Produk Susu yang mengatur sektor peternakan. Halal Industry Research Centre (HIRC), lembaga sertifikasi halal dan penelitian Pakistan pertama yang berbais pada penasehat organisasi negara Syariah. Dewan Pembangunan halal berupa LSM Pakistan yang bekerja untuk pengembangan industri makanan halal di Pakistan. (nat/hircpakistan/pakistantoday/dbs)

 

 


Back to Top