Dinas Pariwisata Kota Makassar Gelar Sosialiasi Peraturan Usaha Wisata Halal

gomuslim.co.id-  Dinas Pariwisata Kota Makassar menggelar sosialisasi peraturan usaha pariwisata dalam rangka pengembangan destinasi wisata halal, Selasa (11/04/2017). Pada acara tersebut hadir para peserta dari berbagai kalangan, di antaranya para pemilik usaha restoran dan hotel di Kota Makassar.

Dalam kesempatan tersebut, Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Makassar Andi Karunrung mengatakan pelaksanaan sosialisasi ini atas surat keputusan Wali Kota Makassar tentang pengembangan wisata halal. Katanya, tujuan dari kegiatan ini untuk mewujudkan destinasi syariah atau halal di Makassar, semoga komitmen ini bisa berjalan sempurna," ujar Kabid Andi Karunrung.

Senada dengan Andi Karunrung, Kadis Pariwisata Makassar Rusmayani Majid juga mengatakan sosialisasi ini sangat penting. Acara ini juga akan  diadakan secara bergilir,karena pengusaha hotel di Makassar jumlahnya lumayan banyak. Data terakhir kami, Hotel di Makassar totalnya 256, dan Resto itu jumlahnya 411 unit. Angka ini ia sebutkan hanya yang terverifikasi oleh Pemkot Makassar.

Menurut Maya, halal tourism ini sangat penting diterapkan di Kota Makassar, pasalnya dengan brand halal ini ada daya tarik tersendiri wisatawan mancanegara datang ke Makassar. Dampak baiknya, lanjut Maya, yakni perputaran ekonomi yang meningkat, karena adanya penggunaan jasa inap, makan, hingga transportasi.

Wisata halal kini memang menjadi perhatian khusus pemerintah. Pasalnya, pada akhir 2016 lalu, Indonesia resmi meraih juara umum dalam ajang World Halal Tourism Award (WHTA) di Abud Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Selain Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sumatera Barat, dan Aceh, banyak daerah lain di Indonesia yang mulai menggarap pariwisata halal. Salah satunya adalah Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar ini.

Apalagi, data dari Kementrian Pariwisaa menyebutkan tahun 2016 lalu tercatat 4,6 juta kunjungan wisatawan nusantara, sedangkan tahun 2015 terdapat sebanyak 3 juta pengunjung. Selain itu, kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2016 sebanyak 86 ribu, dari 60 ribu kunjungan di 2015. (fau/dbs)

 


Back to Top