Inilah Pesepak Bola Muslim Pertama yang Jadi Kapten Tim Manchester United

gomuslim.co.id- Prestasi Muslim di arena sepakbola kini semakin membanggakan. Tidak hanya bermain di liga paling kompetitif di dunia, Liga Inggris, tetapi juga memimpin sebuah klub ternama dalam sebuah pertandingan. Dia adalah Marouane Fellaini, seorang Muslim pertama yang menjadi kapten klub papan atas Manchester United.

Publikasi AboutIslam menyebutkan bahwa penunjukan Fellaini sebagai kapten lantaran absennya Wayne Rooney dan Michael Carrick pada pertandingan Minggu, (09/04/2017). Sang pelatih, Jose Mourinho menunjuk pemain bintang Tim Nasional Belgia itu untuk memimpin klub berjuluk Setan Merah yang berhadapan dengan Sunderland dan berakhir dengan kemenangan United, 3-0.

Fellaini sendiri dikenal dengan ciri khasnya Afro, rambut kribo yang mengembang. Dia juga menjadi salah satu pemain yang paling sering difitnah di liga Inggris. Meski demikian, ia tetap bangga dan menunjukan bahwa dirinya adalah seorang Muslim keturunan Maroko.

Gelandang Belgia ini lahir pada bulan November 1987. Dia menandatangani untuk Everton pada tahun 2008, lalu pindah ke Manchester United pada 2013 dalam sebuah kesepakatan transfer senilai 27,5 juta Euro.

Pemain dengan tinggi 194 cm ini memainkan pertandingan internasional pertamanya antara Belgia dan Republik Ceko pada bulan Februari 2007. Fellaini bukan satu-satunya pemain Muslim di skuad MU, ada juga pemain termahal dunia, Paul Pogba, yang juga seorang Muslim.

Sebagai informasi, jumlah pemain muslim di Premier League terus meningkat di tiap musimnya. Pada musim 2016/2017, tercatat ada 54 pemain muslim yang merumput di Premier League. Ilkay Guendogan, Islam Slimani, Granit Xhaka, dan Shkodran Mustafi, adalah deretan pemain muslim yang baru merumput di Premier League pada musim ini.

Sebelumnya, sudah ada Yaya Toure, Marouane Fellaini, Mamadou Sakho, Emre Can, Mesut Oezil, dan lainnya, yang sudah merasakan kerasnya persaingan di Premier League. Masih ada beberapa bintang yang berstatuskan sebagai muslim. Winger Chelsea, Eden Hazard, contohnya.

Selama ini, jarang yang tahu Hazard merupakan seorang muslim. Bahkan, dia sangat taat. Hazard, seperti dilansir dari publikasi Express, tidak pernah minum-minuman keras. Chelsea menjadi salah satu klub dengan pemain muslim terbanyak. Selain Hazard, masih ada tiga pemain muslim lainnya di skuat The Blues. Kurt Zouma, Asmir Begovic, dan N'Golo Kante, adalah pemain-pemain muslim di Chelsea.

Tapi, Chelsea bukan klub yang memiliki pemain muslim terbanyak. Ada Everton yang merupakan klub dengan pemain muslim yang paling banyak. Ada lima pemain muslim di The Toffees. Yannick Bolasie, Arouna Kone, Idrissa Gana Gueye, Muhamed Besic, serta Oumar Niasse. Terkait Niasse, dia kini sedang dipinjamkan ke Hull City.

Selain itu, pada tahun lalu gelar PFA Player of the Year juga berhasil disabet oleh seorang Muslim, Riyad Mahrez yang bermain untuk klub Leicester City. (njs/dbs)


Back to Top