JIC Siap Gelar Jakarta Islamic Education Fair 2017

gomuslim.co.id- Bulan Mei menjadi perayaan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh tepat pada tanggal 2. Untuk memperingatinya, Jakarta Islamic Center (JIC) akan menggelar Jakarta Islamic Education Fair (JIEF) 2017. Pameran tersebut akan berlangsung di Convention Hall JIC Jakarta pada 5 sampai 7 Mei 2017 mendatang.

Penanggung Jawab JIEF 2017, Hanny Fitriya dalam rilisnya  mengatakan  JIEF merupakan pameran pendidikan Islam yang diikuti oleh para peserta lembaga pendidikan dari jenjang PAUD/TK  hingga perguruan tinggi.

Selain itu, Hanny juga menambahkan hingga saat ini sudah puluhan lembaga pendidikan yang mendaftar untuk ikut JIEF 2017. Dari kalangan perguruan tinggi, antara lain UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Uhamka, LIPIA, Institut Ilmu Quran, dan Universitas Al Azhar Indonesia.

Dari kalangan sekolah PAUD/TK sampai SMA/Madrasah Aliyah, yang sudah mendaftar antara lain Sekolah Al Azhar Kelapa Gading, Yayasan Al-Khaeriyah, Ponpes Ashshiddiqiyah, Ponpes Darunnajah  dan Wathaniyah.

Lebih lanjut, Hanny menjelaskan bahwa  pameran tersebut bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat  keberadaan dan peran lembaga pendidikan Islam  di Jakarta. “Fakta menunjukan, saat ini di Jakarta terdapat lebih dari 100 pondok pesantre. Jadi, untuk membekali anak-anak kita dengan pendidikan pesantren, tidak harus ke luar Jakarta. Di Jakarta pun terdapat banyak pesantren,” tuturnya.

Adapun, untuk pengunjung yang disasar dalam acara JIEF 2017 adalah siapa saja khsuusnya para orangtua yang ingin menyekolahkan anak mereka  di lembaga pendidikan Islam. JIEF 2017 akan diawali dengan talk show bertema ‘Arah Pendidikan Islam Dalam Membangun SDM di DKI Jakarta”. Talk show tersebut akan menampilkan nara sumber Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Dede Rosada, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan Ustadz Yusuf Mansur.

Tidak hanya itu, ajang JIEF  2017 juga akan dimeriahkan dengan aneka perlombaan, seperti mewarnai (tingkat PAUD/TK), tarian kreasi Islam (tingkat SD/ MI), kultum (tingkat SMA/ pondok pesantren) dan qasidah (ibu-ibu majelis ta’lim).

Untuk diketahui, latar belakang penyelenggaraan event ini adalah tentang minimnya  informasi tentang lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Jakarta selama ini, baik formal maupun nonformal, dikarenakan promosi dan publikasinya yang masih sangat minim dan terbatas.

Karena itu,  Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre) bekerja sama dengan Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta dan didukung oleh MUI Provinsi DKI Jakarta, melalui Komisi Pendidikan, dan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta akan menyelenggarakan Jakarta Islamic Education Fair (JIEF) 2017 dari Jumat sampai Ahad, (5-7/05/2017), di Convention Hall Jakarta Islamic Centre, JL Kramat Jaya, Koja, Jakarta Utara.

Tujuan JIEF 2017 ini, antara lain, sebagai sarana menyosialisasikan, memublikasikan, dan mempromosikan keberadaan lembaga-lembaga Pendidikan Islam di DKI Jakarta kepada segenap lapisan masyarakat di seluruh Indonesia, khususnya warga DKI Jakarta. Panitia JIEF 2017 mengajak seluruh masyarakat yang memimpin dan atau mengelola lembaga-lembaga Pendidikan Islam, baik formal maupun nonformal.

Untuk menjadi peserta JIEF 2017, Anda bisa mendaftar ke 085693806000 (Rina) atau 085885535124 (Rohmat), serta mengunjungi situs resmi JIC di www.islamic-center.or.id. (fau/jic) 


Back to Top