Yayasan Askar Kauni Lepas Keberangkatan Santri Takhossus ke Mesir

gomuslim.co.id- Hari ini, Rabu (12/04/2017), pada pukul 00.15 WIB, enam santri takhossus penerima beasiswa Tahfizhul Quran berangkat ke Mesir dengan menggunakan pesawat Ettihad. Turut pula dalam rombongan tersebut 3 santri takhossus yang mendaftar melalui jalur mandiri dan Ustadz Jamaluddin Junaedi, Lc., M.A., pengasuh Ma’had Askar Kauny Mesir.
 
Enam santri penerima beasiswa ini merupakan santri-santri yang lolos seleksi akademik, kemampuan hafalan dan akhlak selama menjadi santri di Ma’had Askar Kauny dan selama 1 pekan masa karantina yang telah diadakan pada bulan Januari lalu.
 
Sebelum melepas 9 santri, dalam kesempatan terpisah Ustadz Bobby Herwibowo, pimpinan Yayasan Askar Kauny menyampaikan, santri-santri ini akan menjalani program Tahfizh Quran, Hadits, Bahasa Arab dan Qiraat selama 6 bulan sampai 2 tahun. 
 
Bekerjasama dengan Lembaga Wahatul Furqan pimpinan Syeikh Ibrahim Amin, di Mesir para santri akan dibimbing secara intensif agar ketika pulang nanti mereka sudah menuntaskan hafalan Alquran 30 juz beserta maknanya dengan mutqin dan hafal ribuan hadits, lengkap dengan matan, sanad dan perawinya. Mereka juga dapat berbahasa Arab dengan fasih dan menguasai Qiraat Asyrah sehingga mereka kembali dari Mesir menjadi dai muda yang dapat berkhidmat bagi umat Muslim di Indonesia maupun di mana saja mereka berada.
 
Dalam acara pelepasan yang diadakan di Masjid Nurul Barkah di area Bandara Internasional Soekarno-Hatta Ustadz Jamaluddin Junaedi menjelaskan bahwa para santri juga akan menjalani pendidikan formal di Al Azhar, menyesuaikan dengan latar belakang pendidikan para santri di Indonesia. Ini dimaksudkan agar mereka tak hanya menguasai ilmu agama namun juga ilmu-ilmu dan keahlian umum.

 
Ustadz Jamal juga menyampaikan, Mumtaz, Hamzah dan Haris-- 3 santri yang terlebih dahulu dikirim ke Ma'had Askar Kauny Mesir, dalam 6 bulan sudah mampu menghafal hingga 23 juz. Diharapkan pada akhir Ramadhan mereka sudah bisa menyelesaikan hafalan 30 juz.
 
Berangkat dari Terminal 2D Soetta, para santri dilepas oleh orang tua dan keluarga masing-masing, dan perwakilan Yayasan dan Ma’had Askar Kauny; Ust. Deny Ibnu Hajar, Ust. Hilal Achmad dan Ust. Amjad Budiman.
 
Para santri tersebut adalah; Avi, Ibrahim, Fathin, Yusuf, Azzam, Robi, Najwan, Ammar dan Taufik. Barakallahu fii kum. Semoga istiqomah, selalu dalam lindungan dan bimbingan Allah. 
 
Untuk diketahui, Ma’had Askar Kauny Mesir bekerjasama dengan Lembaga Wahatul Furqon Mesir pimpinan Syaikh Dr. Ibrahim Amin membuka kesempatan bagi anak-anak Indonesia yang ingin menjadi penghafal Alquran yang mutqin dan bersanad dalam waktu maksimal 2 tahun.
 
Lokasi Ma'had
St. Mahmod Khattab Umrania, Geza, Mesir
 
Target Program :
1. Tahfizhul Quran 30 juz, mutqin dan bersanad
2. Tahfizh ribuan Hadits Shahih
2. Bahasa Arab Fushoh dengan para pembimbing syaikh Mesir
3. Menguasai Qiraat Asyrah
 
Masa Pendidikan
2 tahun
 
Syarat :
- Ikhwan, usia 13-16 tahun
- Lulus test seleksi
 
Syarat Administratif :
1. Passport
2. Pas foto 4x6 sebanyak 5 lembar
3. Kartu Keluarga (siapkan asli dan fotokopi)
4. Surat Pernyataan Kesanggupan pembiayaan dan komitmen mematuhi tata tertib
5. Identitas Orangtua (KTP/passport)
6. Akte Kelahiran
 
Materi Test :
1. Kemampuan menghafal Alquran
2. Bacaan Alquran
3. Penelusuran minat menghafal
 
Informasi dan Pendaftaran hubungi
Ustadz A. Rosyid 
0813 5291 5565

Back to Top